Home Nasional Yang Jadi Masalah Jika . . . Wacana Ubah Masa Jabatan Presiden Denny Indrayana

Yang Jadi Masalah Jika . . . Wacana Ubah Masa Jabatan Presiden Denny Indrayana

1 min read
0
0
0

Wacana seputar perubahan masa jabatan presiden sempat mengemuka dalam amandemen UUD 1945. Baik menjadi tiga periode atau menjadi delapan tahun dalam satu periode. Terkait hal itu, pakar hukum tata negara Denny Indrayana mengatakan opsi tersebut terbuka untuk diambil. Namun dia menyebut lebih condong kepada dua periode masa jabatan. "Kalau saya ditanya, ya itu opsi terbuka. Tapi buat saya, dua periode lah," ujar Denny, dalam diskusi virtual bertema Ambang Batas Pilpres, Kuasa Uang dan Presiden Pilihan Rakyat', Jumat (19/6/2020).

Namun, Denny lebih menyoroti bagaimana apabila incumbent maju kembali. Menurutnya etika presiden incumbent untuk maju lagi lebih menjadi masalah. Alasannya, kata dia, hal tersebut dapat menyebabkan adanya menyalahgunakan fasilitas negara. "Yang kita jaga itu bagaimana kalau incumbent maju lagi dan itu tidak menyalahgunakan fasilitas negara," kata dia.

"Jadi bukan soal berapa tahun atau berapa kali. Bagi saya, dua kali lima tahun itu bisa kita pertimbangkan. Tapi masalahnya itu etika presiden incumbent kalau maju lagi," tandasnya.

Load More Related Articles
Load More In Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

78 Juta dari Global Climate Fund Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca Indonesia Terima RBP USD 103

Masih dalam suasana bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Indonesia mendapatkan pengakuan …