Home Otomotif Yamaha NMAX 2020 Memiliki 7 Fitur Terbaru yang Paling Menonjol di Antaranya Bisa Konek menuju Smartphone

Yamaha NMAX 2020 Memiliki 7 Fitur Terbaru yang Paling Menonjol di Antaranya Bisa Konek menuju Smartphone

6 min read
0
0
4

Bertempat di Jakarta, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi telah mengenalkan New NMAX 2020. Sebelumnya muncul isu sejak awal tahun, akhirnya pada 2 Desember 2019, PT YIMM secara resmi mengenalkan produk andalanya yaitu NMAX 2020. Setidaknya terdapat lima fitur terbaru paling menonjol dari Motor Yamaha terbaru NMAX 2020, satu di antaranya bisa terkonek dengan smartphone.

Dikutip dari , Selasa (3/12/2019) banyak fitur fitur canggih pada Yamaha NMAX terbaru 2020 yang disematkan oleh PT YIMM. Setidaknya terdapat lima fitur terbaru tersemat pada NMAX 2020 yang paling menonjol, yaitu: Yamaha NMAX 2020 menggunakan mesin single silinder 155cc 4 Kklep SOHC berteknologi Blue Core & Variable Valve Actuation (VVA).

Di setiap putaran mesinnya, teknologi ini dapat mengefesiensi bahan bakar dan tenaga serta torsi maksimum. Silinder pada NMAX 2020 yang sudah Diasil dan pembuatannya menggunakan sistem tempa (Piston Forged), diklaim lebih awer dan enteng. Secara lengkap spesifikasi mesin NMAX 2020 sebagaimana dikutip dari Yamaha motor.co.id seperti berikut:

Tipe Mesin: Liquid cooled 4 stroke, SOHC Jumlah/Posisi Silinder: Single Cylinder Kapasitas Mesin: 155cc

Diameter x Langkah: 58,0 mm x 58.7 mm Perbandingan Kompresi: 11.6 : 1 Daya Maksimum: 11.3 kW / 8000 rpm

Torsi Maksimum: 13.9Nm / 6500rpm Sistem Starter: Electric Starter Sistem Pelumasan: Basah

Kapasitas Oli Mesin: Total – 1,00L ; Berkala 0,90L Sistem Bahan Bakar: FI (Fuel Injection) Tipe Kopling: Kering, Centrifugal Automatic

Tipe Transmisi: V belt Automatic Kelebihkan fitur ini yaitu membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan. Disematkannya Starter Seamless Smart Motor Generator (SMG) membuat area pada starter lebih kompak.

Hal itu karena pengisian dan dinamo starter kini menjadi satu. Seperti pada model sebelumnya, tampilan negative display terlihat pada intrumen full LCD yang tersemat di Yamaha NMAX 2020. Namun, LCD pada NMAX terlehat lebih besar dan dilengkapi fitur canggih.

Full digital speedometer pada NMAX 2020 lebih modern dan informatif bagi pengendara. Dilengkapi dengan fitur indikator Yamaha Motorcycle Connect (Y Connect) Apps, Pesan & Telepon, TCS*, VVA dan Temperatur Mesin. Namun untuk fitur TCS hanya tersedia pada NMAX Connected/ABS Version.

Traction control system (TCS) berfungsi untuk mengurangi risiko ban selip. Fitur ini pertama digunakan pada Yamaha TMAX DX dan XMAX. NMAX 2020 merupakan skutik 150 155cc pertama yang menggunakan fitur ini.

Penggunaan teknologi Smart Key System pada Yamaha NMAX 2020 membuatnya lebih immobilizer. Model knop dan lokasinya berada di tengah dek, dilengkapi dengan remote. Pada remote, tersemat tombol answer back system yang membuatkan saat mencari di tempat parkir.

NMAX 2020 sudah memakai fitur Stop Star System (SSS). Fitur ini membuat mesin dapat mati sejenak secara otomatis ketika sedang berhenti. Selain menghemat konsumsi BBM, fitur SSS NMAX 2020 memiliki dua mode.

Pertama, mode nol detik dan enam detik. Parameter mengikuti Throttle Position Sensor sewaktu berhenti, sehingga bisa lebih efisien. Ini fitur paling menarik karena bisa membuat motor terkonek ke smartphone.

Comunication Control Unit (CCU) Y Connect merupakan fitur yang sebelumnya hanya tersemat pada skutik mewah, satu contohnya tersemat pada Yamaha TMAX DX. Teknologi CCU merupakan pertama di motor buatan Indonesia dan terkoneksi dengan aplikasi Yamaha Motorcycle Connect (Y Connect) berbasis bluetooth. Fungsi utamanya adalah:

Phone & Message Notification Parking Location Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery(Accu))

Fuel Consumption Malfunction Notification Secara garis besar, CCU Y Connect dapat memberikan informasi lokasi parkir terakhir, melihat notifikasi panggilan dan pesan, hingga informasi servis.

Dikutip dari , meski telah diperkenalkan secara resmi, namun hingga saat ini belum ada harga pasti untuk satu unit NMAX 2020. Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti menyebutkan bahwa harga NMAX 2020 akan ada diangka Rp 30 jutaan.

Load More Related Articles
Load More In Otomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Nissan Kicks e-POWER Diluncurkan di Indonesia Pada 2 September Catat

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akan meluncurkan mobil terbaru mereka, Nissan Kicks e POWE…