Home Otomotif Tumpahan Air Radiaotor saat Kecelakaan Mobil Bisa Picu Kebakaran

Tumpahan Air Radiaotor saat Kecelakaan Mobil Bisa Picu Kebakaran

1 min read
0
0
10

Sebanyak 21 mobil terlibat dalamkecelakaan tabrakan beruntundi ruasTol CipularangKM 91 Senin siang (2/9). Dampak darikecelakaantabrakan beruntunini, sejumlah mobil mengalamikebakaranyang cukup parah. Ternyata ada satu komponen mobil yang tidak diduga tetapi bisa menjadi penyebabkebakaran. Yaitu adalah cairan radiator coolant yang umumnya akan tumpah bilaterjadikecelakaan, terutama tabrakan yang mengenai area mesin.

"Cairan coolant itu ada senyawakimia yang mudahterbakarbila terjadi kontak dengan api," ungkap Hary, Technical Support PT Toyota Astra Motor. Senyawa kimia dari cairan radiator coolant yang mudahterbakar muncul saat mencapai posisi titik didih dan menghasilkan uap. "Uap inilah yang mudah menjadi penghantar api bila terdapat percikan dan menyebabkankebakaran," jelas Hary.

Tentu kondisi ini bisa terjadi bila saatkecelakaandan terdapat tumpahan cairan radiator, cairan tersebut masih dalam kondisi yang panas. Bila terjadikecelakaandan terdapat tumpahan radiator, Anda perlu waspada terhadap uapnya yang berisiko mudahterbakar. "Namun selama tidak ada penyulutnya tidak akanterbakar," tutup Hary.

Load More Related Articles
Load More In Otomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Nissan Kicks e-POWER Diluncurkan di Indonesia Pada 2 September Catat

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akan meluncurkan mobil terbaru mereka, Nissan Kicks e POWE…