Home Kesehatan Tips Menghindari Mual Saat Melakukan Perjalanan Mudik, Hindari Makanan Berlemak dan Minuman Ini

Tips Menghindari Mual Saat Melakukan Perjalanan Mudik, Hindari Makanan Berlemak dan Minuman Ini

1 min read
0
0
5

Perjalanan mudik yang panjang ditambah dengan dan kendala lainnya dalam perjalanan khususnya yang mudik lewat jalur darat dapat menyebabkan pemudik pusing hingga muntah. Dokter ahli gizi, dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK, menjelaskan mual atau motion sickness dapat terjadi karena adanya gangguan pada telinga bagian dalam akibat gerakan yang berulang. Untuk menghindari mual disarankan sebelum berangkat mudik hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat menyebabkan mual seperti minuman yang mengandung alkohol.

Kemudian hindari juga makanan berlemak dan makanan yang memiliki aroma yang kuat, serta makanan pedas. “Jadi sebelum bepergian hindari makanan dan minuman yang dapat memperberat gejala minuman beralkohol, makan atau minum terlalu banyak, makanan pedas dan berlemak, makan dengan bau terlalu kuat,” kata Jovita. Minuman minuman berasa dalam kemasan juga sebaiknya dihindari untuk memgantisipasi tubuh kelebihan cairan yang juga dapat menyebabkan mual.

“Jadi kalau diminum sebelum bepergian dalam jumlah banyak bisa memperberat gejala. Bukan karena jenis minumannya tapi karena minum cairan dalam jumlah banyaknya,” pungkas dr. Jovita.

Load More Related Articles
Load More In Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ada Serangga 12 Makanan & Minuman yang Jarang Diketahui Padahal Berkhasiat Tinggi bagi Tubuh

Pakar kesehatan sering merekomendasikan makanan seperti sayuran hijau sebagai pensuplai nu…