Home Nasional Tidak hanya Diberi Tugas Guru Diminta Kreatif Ajari Siswa Saat PJJ Kemendikbud

Tidak hanya Diberi Tugas Guru Diminta Kreatif Ajari Siswa Saat PJJ Kemendikbud

2 min read
0
0
0

Analis Kebijakan Ahli Madya Kemendikbud Suhartono Arham meminta guru untuk kreatif dalam memberikan pengajaran kepada siswa dalam sistem pembelajaran jarak jauh. Menurutnya, guru harus mencari formulasi pembelajaran yang kreatif agar para siswa tidak terbebani dengan tugas yang banyak. "Harus kita pikirkan membangun kreativitas guru guru kita untuk menyampaikan pembelajaran lebih berkualitas secara daring. Jadi tidak melulu tugas, tugas," ujar Suhartono di Bogor, Jawa Barat, Minggu (23/8/2020).

Dirinya menilai tugas sekolah yang banyak tidak hanya membebani siswa, tapi juga orang tua. "Ketidakmampuan guru guru kita meng create pembelajaran yang menyenangkan. Jadi pembelajaran justru jadi beban. Bukan saja bagi anak itu tapi beban orang tua," ucap Suhartono. Menurut Suhartono, guru harus mampu memberikan pembelajaran yang menyenangkan.

Dirinya meminta guru fleksibel dalam menentukan skema pembelajaran. Inovasi pembelajaran di tengah pandemi Covid 19 ini, menurutnya sangat penting. "Memang pada situasi sekarang fleksibilitas sangat dibutuhkan. Kalau saya masih tetap bagaimana kita mengasah inovasi guru guru kita untuk pembelajaran yang berkualitas tapi bukan hanya tugas bagi siswa," tutur Suhartono. Selain guru, Suhartono juga meminta peran kepala sekolah sebagai pimpinan dapat dioptimalkan dalam melakukan koordinasi antar guru.

"Peran kepala sekolah sangat penting untuk mengatur guru guru itu. Untuk mengurangi beban PR bagi siswa," pungkas Suhartono. Seperti diketahui, Kemendikbud menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Melalui Permendikbud ini sekolah dapat menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik di tengah kondisi pandemi Covid 19.

Load More Related Articles
Load More In Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

78 Juta dari Global Climate Fund Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca Indonesia Terima RBP USD 103

Masih dalam suasana bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Indonesia mendapatkan pengakuan …