Home Travel Ternyata Uang Bukan Segalanya bagi Warga 6 Alasan Bhutan jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

Ternyata Uang Bukan Segalanya bagi Warga 6 Alasan Bhutan jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

4 min read
0
0
5

Kebahagiaan bukan sekedar materi, itulah pelajaran yang bisa traveler temukan jika liburan ke Bhutan. Kebahagiaan sudah seperti kebutuhan pokok bagi warga negara Bhutan. Saking pentingnya, mereka sampai membentuk Komisi Kebahagiaan Nasional (GNH).

Tugas GHN adalah memastikan segala sesuatu yang dilakukan negara berkontribusi untuk kesejahteraan dan kebahagiaan seluruh warga. Target GNH juga diabadikan dalam Konstitusi negara, sehingga ketika kamu bertanya kepada orang Bhutan, "apakah mereka benar benar bahagia?" sebagian besar akan mengatakan "ya." Menjadi negara kaya bukan misi utama Bhutan.

Pada tahun 70 an, Raja Keempat Bhutan, Yang Mulia Jigme Singye Wangchuck mengatakan "Kebahagiaan Nasional lebih penting daripada Produk Domestik". Itulah sebabnya orang Bhutan mulai mengejar tujuan nasional ini. Bhutan berhati hati dalam langkah langkah yang mereka ambil untuk pembangunan.

Keputusan dan kebijakan harus mematuhi pedoman GNH tentang pelestarian budaya, perlindungan lingkungan, tata kelola yang baik, dan pembangunan sosial ekonomi yang berkelanjutan. Di Bhutan, ada banyak usaha kecil yang didirikan untuk memberdayakan orang yang terpinggirkan. Usaha kecil ini berkontribusi pada banyak bidang, dari pengelolaan limbah, hingga pembangunan pedesaan, dan pemberdayaan perempuan.

Inisiatif inisiatif ini menunjukkan orang orang Bhutan tidak bermaksud mencari untung, tetapi membantu sesama warga. Nazhoen Pelri Eco Friendly Initiative misalnya. Pabrik daur ulang kertas limbah pertama di Bhutan ini memproduksi rata rata 20.000 nampan telur per minggu dari bahan limbah.

Mereka mempekerjakan pemuda yang terjerat narkoba sehingga lebih baik saat kembali ke masyarakat. Populasi di Bhutan cukup kecil yaitu sekitar 735.000 orang. Dengan populasi kecil ini, ada hubungan erat antar komunitas dan setiap orang saling kenal.

Wilayah Bhutan sebagian besar terdiri dari hutan dan gunung yang alami dan udaranya segar. Melestarikan dan melindungi lingkungan sangat penting bagi Bhutan. Menjaga lingkungan juga diamanatkan dalam Konstitusi, bahwa setidaknya 60 persen dari Bhutan harus ditutupi oleh hutan untuk selamanya.

Setiap orang Bhutan bangga dari mana pun mereka berasal. Mereka memuja Raja, menjaga budaya dan tradisi bersama dan mereka bangga dengan fakta mereka tidak pernah dijajah oleh bangsa asing. Pelajaran paling penting yang bisa dipelajari jika tinggal di Bhutan adalah bagaimana menjalani kehidupan sederhana.

Kehidupan yang jauh dari kelebihan makanan modern serba lezat, kemudahan dan kenyamanan sistem transportasi yang terhubung dengan baik, dan akses air setiap kali menghidupkan keran. Semua dilakukan dengan gotong royong antar warga.

Load More Related Articles
Load More In Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 Kota Ini Dinobatkan Sebagai Kota Paling Ramah Sepeda di Dunia

Sepeda sempat menjadi tren di Indonesia saat pembatasan perjalanan karena Covid 19. Kebias…