Home Travel Termasuk Tombol Darurat di Toilet 7 Fitur Rahasia Pesawat yang Sering Tak Disadari Penumpang

Termasuk Tombol Darurat di Toilet 7 Fitur Rahasia Pesawat yang Sering Tak Disadari Penumpang

4 min read
0
0
5

Traveler yang sering bepergian naik pesawat mungkin sudah tidak asing lagi dengan prosedur keamanan di pesawat. Mulai dari larangan merokok, menyalakan ponsel hingga bercanda soal ancaman bom. Rupanya, sebagai penumpang pesawat terbang, masih ada banyak hal yang belum diketahui penumpang. Bukan hanya soal aturan dan larangan saat mengudara, beberapa fitur pesawat pun sebaiknya traveler pahami supaya lebih nyaman dalam penerbangan. Traveler mungkin tidak menduga jika pesawat punya klakson. Menurut KLM, klakson pesawat berfungsi sebagai sarana komunikasi di darat. Klakson pesawat ini bisa memancarkan sinyal untuk memperingatkan teknisi ketika ada masalah, sistem rusak atau ada kebakaran. Namun, seorang pilot tidak bisa mengklakson pesawat lain dan klakson pesawat tidak bisa berfungsi saat mengudara karena sistem sinyalnya dimatikan. Seorang pilot EasyJet pernah terpaksa menggunakan klakson untuk mengusir flamingo yang berkeliaran di landasan. Jika kita melihat ruang kokpit pesawat, di sana ada banyak tombol dan tuas. Rupanya, pesawat bukan hanya dikemudikan dengan tombol saja, tapi juga ada dua pedal di kokpit, lho. Keberadaan pedal di pesawat ini pernah diungkapkan Pilot British Airways. "Ketika kita berada di darat dan lepas landas, kita mengendalikannya dengan kaki pada dua pedal di kiri dan kanan. Bahkan, ada rem di pedal."

Sandaran tangan di kursi dekat lorong terasa seperti sesuatu yang mengganggu bagi penumpang. Banyak orang tidak tahu jika sebenarnya sandaran tangan ini bisa dilipat naik. Sandaran tangan dapat dibuka untuk memberi lebih banyak ruang di kursi. Selain memperbanyak ruang gerak, menaikkan sandaran tangan juga membuatmu lebih mudah keluar kursi saat akan ke toilet. Traveler bisa menaikkan sandaran tangan ini dengan menekan tombol yang ada di bawahnya. Jendela pesawat rupanya bukan hanya untuk menikmati pemandangan dari atas, tetapi juga menjadi fitur keselamatan pesawat. Simbol segitiga hitam ini menjadi tanda bagi kru untuk melihat keluar jendela dan memeriksa jika terjadi masalah pada badan pesawat, mulai dari sayap hingga roda. Jika terjadi keadaan darurat, awak kabin bisa mengakses tolet menggunakan sebuah tombol kecil. Tombol tersembunyi ini biasanya ada di balik tanda larangan merokok. Tombol darurat ini digunakan jika terjadi keadaan darurat dan ada penumpang terkunci di toilet.

Penumpang yang melakukan teror atau membuat keributan di pesawat bisa ditindak oleh kru kabin dan diturunkan di bandara terdekat. Dalam penerbangan, disediakan borgol, defibrillator, hingga pistol untuk keamanan. Sejak tragedi 9/11, marsekal udara pada penerbangan dari/ke Amerika Serikat diberi izin membawa senjata tersembunyi di pesawat. Defibrillator juga ditemukan pada sebagian besar pesawat yang digunakan jika ada penumpang mengalami serangan jantung. Tidak ada maskapai yang mengharapkan penumpang memanfaatkan fitur ini. Pasalnya, fitur ini hanya digunakan jika pesawat mendarat darurat di air.

Load More Related Articles
Load More In Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 Kota Ini Dinobatkan Sebagai Kota Paling Ramah Sepeda di Dunia

Sepeda sempat menjadi tren di Indonesia saat pembatasan perjalanan karena Covid 19. Kebias…