Home Seleb Terancam Hukuman 4 Tahun Penjara Lucinta Luna Jalani Sidang Perdana Virtual Tanpa Kuasa Hukum

Terancam Hukuman 4 Tahun Penjara Lucinta Luna Jalani Sidang Perdana Virtual Tanpa Kuasa Hukum

5 min read
0
0
2

Selebriti Lucinta Luna menjalani sidang perdana pada Rabu (27/5/2020). Lucinta Luna mengikuti sidang atas kasus penyalahgunaan narkoba tanpa didampingi kuasa hukumnya. Persidangan perdana Lucinta berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Barat secaravirtual.

Lucinta Luna menghadiri sidang dari Rumah Tahanan Pondok Bambu Jakarta Timur. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Barat, Asep Hasan Sofyan mengatakan bahwa Lucinta tak didampingi pengacara selama proses sidang. Hal itu disampaikan dalam video yang diunggah di kanal YouTube KH INFOTAINMENT, Kamis (28/5/2020).

Menurut Asep, hal itu dikarenakan adanya kesalahan komunikasi antara Lucinta Luna dan kuasa hukum. "Kita sudah komunikasikan dengan terdakwa," kata Asep. "Terdakwanya itu lah yang seharusnya memberitahukan ke pengacaranya untuk sidang di sini," sambungnya.

Sidang yangdilakukan melalui sambungan video konferensi lantaran adanya pandemi virus corona (Covid 19). "Itu kendala adanya wabah Covid 19," ucap Asep. Terdakwa lain yang juga dihadirkan dalam sidang tersebut, yakni Intan Florencia alias Flo.

Flo yang menjadi pemasok barang haram kepada Lucinta Luna. Asep mengatakan, agenda sidang perdana kasus tersebut adalah pembacaan dakwaan. Dalam dakwaanya, JPU menjerat Lucinta Luna dengan sejumlah pasal dan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Sementara itu, Asep mengungkapkan bahwa Lucinta sudah menerima dakwaan yang dibacakan oleh JPU. "Tadi para terdakwa menerima surat dakwaan, tidak melakukan eksepsi, dan minggu depan dilakukan sidang lagi dengan acara pembuktian," jelas Asep. Asep juga mengatakan, Lucinta Luna didakwa pasal psikotropika yakni Pasal 60 dan 62 Undang undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dan Narkotika.

Ia menambahkan, dari dakwaan tersebut Lucinta terancam hukuman 4 tahun penjara. "Ancamannya 4 tahun, kalau buat yang kepemilikian," lanjut Asep. Untuk sidang lanjutan, Asep menuturkan, masing masing terdakwa akan menghadirkan saksi dalam persidangan.

Dalam hal ini, Asep menyebut, Lucinta Luna rencananya akan membawa sembilan orang saksi dalam persidangan selanjutnya. Sidang selanjutnya direncanakan akan dilakukan pada 3 Juni 2020 mendatang. "(Agenda sidang) Pemeriksaan saksi. Kalau Lucinta Luna saksinya sembilan, kalau yang satu lagi (Flo) lima," jelas Asep.

Namun, Asep mengatakan, ada kemungkinan Lucinta membawa saksi tambahan yang bisa meringankan tuntutan terhadap dirinya. Diberitakan sebelumnya,Lucinta Luna diamankan pihak kepolisian di apartemen Thamrin City, Jakarta Pusat lantaran dugaan narkoba, 11 Februari 2020. Berdasarkan tes urine, Lucinta Luna positif menggunakan psikotripika.

Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol Audie Latuheru menjelaskan kronologi terkait penangkapan Lucinta Luna. Hal tersebut diungkapkan Audie dalam sebuah tayangan yang diunggah di kanal YouTubebeepdo.com, 11 Februari. Audie mengatakan, satuan narkoba Polres Jakarta Barat telah mengamankan Lucinta Luna pada11 Februari sekira pukul 01.30 WIB.

Lucinta Luna ditangkap di sebuah apartemen bersama tiga orang lainnya. "Sekitar pukul 1.30 WIB, kita sudah mengamankan satu orang yang anda kenal sebagai public figure di salah satu Apartemen bersama dengan 3 orang lainnya," kata Audie. Satu di antara tiga orang tersebut diakui sebagai pasangan dari Lucinta Luna.

"Salah satu di antara tiga orang ini diakui sebagai pasangannya, seorang wanita yang diaku sebagai pasangannya," terang Audie. Sementara dua orang lainnya merupakan pasangan suami istri. "Kemudian yang dua lainnya adalah pasangan suami istri yang bekerja kepada LL," ujar Audie.

Dari penangkapan itu, petugas berhasil mengamankan beberapa jenis obat. "Tiga butir pil ekstasi yang ditemukan di dalam tong sampah, mungkin di buang oleh salah satu di antara mereka." "Kemudian ada lagi lima butir pil riklona dan tujuh butir tramadol," terang Audie.

Load More Related Articles
Load More In Seleb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Terima-kasih yang Telah Membully Banyak yang Meragukan Niatnya Maju Jadi Calon Presiden  Giring

Langkah Giring Ganesha maju sebagai calon Presiden RI di Pemilu 2024 menuai banyak respon,…