Home Travel Tahok Pak Citro

Tahok Pak Citro

6 min read
0
0
5

<div id='AwalMula'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Tahok Pak Citro sudah ada sejak tahun 1968. Awalnya, Tahok Pak Citro dijual dengan cara dipanggul dan berkeliling dari satu daerah ke daerah lain.

Nama Tahok Pak Citro diambil dari nama penjual tahok yaitu Citro Suwito. Saat pertama kali berjualan, Tahok Pak Citro dijual seharga lima rupiah. Selama lebih dari 25 tahun, Citro Suwito, pemilik Tahok Pak Citro, memikul dagangan dan berkeliling menjajakan tahok.

Setelah itu, Tahok Pak Citro hanya mangkal di tepi jalan daerah Pasar Gede. Tahok Pak Citro menetap di Pasar Gede selama lebih dari 20 tahun. Saat ini Tahok Pak Citro tidak lagi dipikul, melainkan menggunakan gerobak.

<div id='InformasiTahokPakCitro'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Tahok Pak Citro berada di Jalan Suryopranoto No 21, Kepatihan Wetan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tepatnya berada di depan toko bahan dan perlengkapan roti '21' di Pasar Gede, Surakarta.

Tahok Pak Citro buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga sekitar pukul 11.00 WIB. Tahok Pak Citro hanya berada di Pasar Gede dan tidak memiliki cabang. Harga satu porsi Tahok Pak Citro dibanderol dengan harga Rp 8 ribu.

Dalam satu hari, tahok yang terjual di Tahok Pak Citro sebanyak 100 mangkok. Tahok Pak Citro telah dikenal dari berbagai kalangan dan diliput oleh berbagai media. Awalnya tahok merupakan makanan khas dari Tiongkok, Cina.

Hingga saat ini tahok menjadi makanan tradisional khas Solo. Tahok Pak Citro telah menjadi wisata kuliner Solo yang sering dikunjungi. <div id='InformasiTahok'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div>

Awalnya Tahok merupakan makanan khas dari Tiongkok. Saat ini Tahok menjadi makanan khas Solo. Dahulu, tahok merupakan makanan yang disediakan untuk kaum bangsawan.

Di daerah lain makanan ini dikenal dengan nama kembang tahu. Masyarakat Solo menyebutnya dengan nama Tahok. Sedangkan di Surabaya dikenal dengan nama Tauwa.

Tahok ini merupakan sari kedelai yang memiliki tekstur lembut. Sekilas bentuk tahok mirip dengan bubur sumsum atau puding. <div id='ManfaatTahok'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div>

Tahok kaya akan manfaat, selain mengenyangkan dan mampu membuat badan menjadi hangat. Tahok juga memiliki manfaat sebagai menu diet untuk yang ingin menurunkan berat badan. Tahok dapat menurunkan kolesterol, apabila dikonsumsi dua hingga tiga kali dalam satu minggu.

Selain itu untuk ibu hamil tahok berkhasiat untuk membuat kulit sang bayi menjadi putih dan bersih. <div id='Produksi'><ul ><li style='border bottom : 1px solid #a2a9b1;'><h2> </h2></li></ul> </div> Tahok Pak Citro diproduksi menggunakan bahan bahan alami seperti jahe, pandan, serai, dan tentunya kedelai.

Proses pembuatan tahok memakan waktu lumayan lama. Untuk membuat tahok, Citro biasanya memasak pada malam hari hingga pagi hari. Kemudian untuk membuat kuah jahe, biasanya Citro memasak pada sore hari.

Bahan utama tahok ialah kedelai. Kedelai tersebut dimasak dan kemudian diambil sarinya. Untuk pembuatan kuah jahe, bahan yang dibutuhkan ialah pandan, serai, dan jahe.

Ketiga bahan tersebut dimasak dengan gula merah. Setelah masak, kuah jahe tersebut disaring untuk mendapatkan kuah yang bersih dan jernih.

Load More Related Articles
Load More In Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 Kota Ini Dinobatkan Sebagai Kota Paling Ramah Sepeda di Dunia

Sepeda sempat menjadi tren di Indonesia saat pembatasan perjalanan karena Covid 19. Kebias…