Home Metropolitan Sudah Tahu Bedanya LRT, MRT, dan KRL atau Commuter Line?

Sudah Tahu Bedanya LRT, MRT, dan KRL atau Commuter Line?

3 min read
0
0
9

Light Rail Transit atauLRTakan mengadakan uji publik pada tanggal 11 Juni 2019. Masyarakat yang ingin mengikutinya dapat melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi dapat dilihat langsung pada postingan akun instagram resmiLRTJakarta @lrtjkt.

Masih banyak masyarakat yang bingung, apa sebenarnya perbedaanMRTdanLRT? Bahkan, musikus senior Iwan Fals mengaku masih bingung membedakan dua moda transportasi tersebut. "Sy masih agak bingung antara MRT & LRT, sama2 kereta kan…apa ya bedanya…? " Tulis Iwan Fals di akun [email protected], Selasa (2/4/2019).

PT Adhi Karya melalui akun Instagram @adhikaryaid, menjelaskan perbedaan dari ketiga moda transportasi berbasis rel yang telah dan akan beroperasi di wilayah Jakarta, yakni dan . Light Rail Transit (LRT) atau Kereta Api Ringan mengacu pada beban ringan dan bergerak cepat. MeskipunMRTdan KRL memilki daya angkut lebih besar,MRTdapat memindahkan penumpang melalui operasi rute yang lebih banyak.

Selain itu, kelebihan dari moda transportasiMRTini sistem perlintasannya dibuat melayang, sehingga tidak memiliki konflik sebidang yang sering ditemukan di lintasan KRL. Karenanya, “headway” atau jarak antar kereta dapat dipastikan waktunya. Proyek proyek MRTsaat ini, antara lainLRTJabodebek yang dibangun oleh ADHI, laluLRTJakarta oleh @ptwijayakarya danLRTPalembang oleh @waskita_karya.

Kemudian Mass Rapid Transit (MRT) merupakan transportasi dengan transit cepat, memilki daya angkut yang lebih besar dariLRT. Saat ini proyekMRTdi Jakarta, yaitu @mrtjkt, pengerjaannya dibangun oleh Shimizu Obayashi @ptwijayakarya Jaya Konstruksi dan SMCC @hutamakarya. Perlintasan MRT dibuat melayang dan bawah tanah, sehingga meminimalisir pertemuan dengan konflik sebidang, sama halnya dengan LRT.

Sedangkan Commuter Line atau Kereta Rel Listrik yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1925, merupakan kereta rel yang menggunakan sistem propulsi motor listrik sebagai penggerak keretanya. KRL yang melayani rute Jabodetabek ini seringkali bertemu konflik sebidang dengan penyebrangan jalur kendaraan mobil dan motor. Angkutan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta beroperasi secara komersial mulai Senin (1/4/2019).

Load More Related Articles
Load More In Metropolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wakil Wali Kota Jakpus Datangi Wisma Antara Lima Pegawai Kantor Berita Antara Positif Covid-19

Peninjauan di lantai 19 dan 20 gedung tersebut karena adalima pegawai Kantor Berita Antara…