Home Otomotif Sosok Dibalik Mobil Esemka, Sukiyat, Mengaku Tak Diundang saat Peresmian

Sosok Dibalik Mobil Esemka, Sukiyat, Mengaku Tak Diundang saat Peresmian

4 min read
0
0
6

Pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (6/9/2019). Pabrik mobil Esemka dibawah bendera PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) melucurkan produk perdananya yakni Esemka pick up Bima. Produksi massal mobil Esemka tak lepas dari sosok inisiator mobil Esemka, Sukiyat.

Pria di Klaten, Jawa Tengah inilah yang merakit mobil Esemka dan kemudian menyerahkannya kepada Jokowi pada 2012. Saat itu, Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo. Setelah itu, mobil Esemka pun kemudian populer dan menjadi perbincangan.

Kini mobil Esemka diproduksi, apa kabar Sukiyat? Ia mengaku tidak diundang untuk hadir dalam peresmian pabrik Esemka. Namun, menurut Sukiyat, ia ditelepon langsung oleh Jokowi.

Sukiyat menyambut baik peluncuran mobil Esemka sekaligus peresmian pabrik Esemka. Peresmian pabrik, katanya, menunjukkan keseriusan menggarap Esemka. "Bagus, terjawab sudah keseriusan menggarap Esemka dan tidak main main Pak Jokowi dengan Esemka ini, dia mendukung ada merk mobil Indonesia," katanya.

Sukiyat mengaku tidak mendapat undangan resmi untuk datang dalam peresmian pabrik Esemka. Namun, ia ditelepon langsung oleh Jokowi. "Saya tidak dapat undangan resmi Peresmian ke pabrik Esemka, tapi saya ditelepon langsung sama Pak Jokowi sebagai inisiator mobil tersebut untuk datang bersama beliaunya," kata dia.

Sukiyat menyatakan Jokowi memberi pesan kepadanya agar ia terus berinovasi. Meski sebagai penemu mobil Esemka, Sukiyat mengaku tak menduduki posisi apapun dalam PT SMK. "Saya gak masuk posisi apapun."

"Saya ditawari Pak Jokowi zaman Wali kota dulu sudah saya katakan gak mau, kalau mau diproduksi tidak apa apa," ujar dia. Sukiyat membeberkan momen dimana ia menyerahkan kunci mobil Esemka kepada Jokowi pada 2012. Berawal dari penyerahan kunci itu, mobil Esemka kemudian menjadi populer setelah sempat dipakai Jokowi sebagai mobil dinas selama dua hari.

Awalnya Sukiat menawarkan mobil tersebut pada Jokowi untuk bentuk dukungan pada karya anak bangsa. "Saya bilang Pak Jokowi mau tidak saya buatkan mobil," kata Kiat. "Sama Pak Jokowi dibilang buat apa," kenang Sukiyat.

Saat itu, Sukiyat spontan menjawab bila menggunakan mobil tersebut nanti bisa menggantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun, diluar obrolan santai tersebut Jokowi menyatakan mendukung produk karya anak Negeri. "Itu tahun 2012 dulu, dan pada 2019 ini saya sambut baik sudah ada pabrik produksi mobil Esemka oleh PT Solo Manufaktur Kreasi," kata

Load More Related Articles
Load More In Otomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Nissan Kicks e-POWER Diluncurkan di Indonesia Pada 2 September Catat

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akan meluncurkan mobil terbaru mereka, Nissan Kicks e POWE…