Home Nasional Prabowo Subianto hingga Surya Paloh Inilah 4 Momen Hangat ‘Pelukan Politik’ Sepanjang 2019

Prabowo Subianto hingga Surya Paloh Inilah 4 Momen Hangat ‘Pelukan Politik’ Sepanjang 2019

6 min read
0
0
1

Tahun 2019 akan segera berakhir dalam hitungan hari. Tentunya banyak sekali momen yang telah terjadi di tahun 2019 ini. Tak terkecuali momen politik yang hangat hingga menggegerkan publik sepanjang tahun 2019.

Seperti momen Pilpres hingga pertemuan antar tokoh hingga menjadi viral. Salah satunya ialah momen berpelukan antara tokoh politik. Hal itu bahkan melibatkan Jokowi, Prabowo Subianto, Surya Paloh, hingga Anies Baswedan.

Diketahui, Jokowi dan Prabowo Subianto sempat menjadi rival saat Pilpres 2019. Selesai masa Pilpres 2019, tentu saja banyak pihak yang menunggu momen pertemuan antara Jokowi dan Prabowo Subianto. Momen yang ditunggu tungu itu akhirnya terjadi pada Sabtu 13 Juli 2019.

Keduanya bertemu di Stasiun MRT Senayan, Jakarta Pusat. Seolah tak memiliki rasa canggung karena suasana Pilpres 2019, Jokowi dan Prabowo Subianto justru tampak akrab. Keduanya saling berpelukan sembari mencium pipi kiri dan kanan.

Dari pertemuan itu, Jokowi dan Prabowo Subianto sama sama menginginkan agar tak ada lagi istilah 01 dan 02 dan istilah cebong dan kampret. Melihat momen pertemuan Jokowi dan Prabowo itu, tak lantas membuat mereka yang ada di stasiun MRT bertepuk tangan. Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh sempat bertandang ke markas DPP PKS di TB Simatupang pada 30 Oktober 2019.

Diketahui, Nasdem merupakan partai yang masuk jajaran koalisi pemerintahan. Sedangkan, PKS berada di luar pemerintahan alias oposisi. Apa yang dilakukan Surya Paloh, langsung saja mencuri perhatian publik.

Bagaimana tidak, dalam pertemuan itu Surya Paloh dan Sohibul Iman saling berpelukan. Tindakan tersebut akhirnya dikaitkan dengan manuver Nasdem dalam menghadapi Pemilu 2024. Hingga akhirnya momen pelukan Surya Paloh dan Sohibul Iman menjadi viral dan muncul istilah 'pelukan politik'.

Menariknya, momen pelukan Surya Paloh dan Sohibul Iman ini sampai disindir oleh Presiden Jokowi. "Yang saya hormati para ketua umum, Bapak Surya Paloh yang kalau kita lihat malam hari ini beliau lebih cerah dari biasanya, sehabis pertemuan beliau dengan Pak Sohibul Iman di PKS." "Saya tidak tahu maknanya apa. Tetapi rangkulannya itu tidak seperti biasanya.

Tidak pernah saya dirangkul oleh Bang Surya seerat dengan Pak Sohibul Iman," kata Jokowi, dikutip dari Kompas.com. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan sempat berkompetisi di Pilkada DKI Jakarta. Polemik pun muncul lantaran beredar potongan video ucapan Ahok yang dinilai menistakan agama.

Saat itu Ahok berpidato di hadapan warga Kepulauan Seribu pada 30 September 2016. Hingga akhirnya, Ahok harus mendekam di penjara. Di tahun 2017 akhirnya Anies Baswedan terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta dengan perolehan suara terbanyak.

Selang beberapa tahun, Ahok dan Anies Baswedan pun akhirnya bertemu kembali. Pertemuan tersebut terjadi saat pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta 2019 2024 akhir Agustus 2019 lalu. Pertemuan diawali dengan Anies Baswedan memanggil sosok Ahok.

Ahok akhirnya menghampiri Anies Baswedan dan keduanya saling berpelukan hingga cium pipi kiri dan kanan. Lantas keduanya terlihat berbincang. Sempat menyindir momen pelukan Surya Paloh dan Sohibul Amin, Jokowi pun akhirnya bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem tersebut.

Jokowi dan Surya Paloh bertemu di acara penutupan Kongres ke II dan HUT ke 8 Partai Nasdem pada 11 November 2019. Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Surya Paloh pun saling berpelukan. Momen hangat itu lantas diunggah melalui akun Instagram @jokowi.

"Pak Surya Paloh berpelukan erat dengan Pak Sohibul Iman." "Saya berangkulan hangat dengan Pak Surya Paloh, dan juga bersalaman akrab dengan Pak Sohibul Iman." "Rangkulan, pelukan, salaman di antara para pemimpin adalah sebentuk silaturahmi, senantiasa memperteguh komitmen kebangsaan, kenegaraan, persaudaraan, persatuan, kerukunan."

"Kenapa tidak?," tulis caption di akun Instagram @jokowi.

Load More Related Articles
Load More In Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

78 Juta dari Global Climate Fund Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca Indonesia Terima RBP USD 103

Masih dalam suasana bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Indonesia mendapatkan pengakuan …