Home Metropolitan Polisi Ingatkan Masa Berlaku SIM Kini Bukan Mengacu Tanggal Lahir Pemilik

Polisi Ingatkan Masa Berlaku SIM Kini Bukan Mengacu Tanggal Lahir Pemilik

1 min read
0
0
1

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melaporkan kebijakan baru terkait perubahan masa berlaku surat izin mengemudi (SIM). Nantinya, masa berlaku SIM tidak lagi berdasarkan tanggal lahir dari pemilik SIM. "Untuk masa berlaku SIM saat ini bukan lagi berdasar tanggal lahir akan tetapi berdasarkan tanggal pencetakan SIM," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu (8/7/2020).

Sambodo mengatakan perubahan tersebut telah berlangsung sejak 7 Oktober 2019 lalu. Namun, kata dia, pihaknya harus mensosialisasikan lagi lantaran masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui kebijakan tersebut. "Ketentuan ini berlaku sejak 7 Oktober 2019 dan berdasarkan ketentuan yang tertera di Perkap 9 tahun 2012," pungkasnya.

Keputusan itu berdasarkan dikeluarkannya surat telegram rahasia dari Korlantas Polri. Surat telegram tersebut bernomor ST/2664/X/Yan.1.1./2019. Seperti yang dijelaskan di atas, masa berlaku SIM nantinya akan mengacu kepada tanggal pembuatan pemilik SIM. Sebaliknya, aturan masa berlaku SIM tidak berubah yaitu selama lima tahun.

Load More Related Articles
Load More In Metropolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wakil Wali Kota Jakpus Datangi Wisma Antara Lima Pegawai Kantor Berita Antara Positif Covid-19

Peninjauan di lantai 19 dan 20 gedung tersebut karena adalima pegawai Kantor Berita Antara…