Home Metropolitan Petugas Masih Bingung Ikut Antre Saat Keramaian Bandara Soekarno Hatta Sejak Jam 2 Subuh Penumpang

Petugas Masih Bingung Ikut Antre Saat Keramaian Bandara Soekarno Hatta Sejak Jam 2 Subuh Penumpang

6 min read
0
0
3

Media sosial sempat heboh karena ada foto yang menunjukkan antrean panjang di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis (14/5/2020). PT Angkasa Pura (AP) II mengonfirmasi terjadai antrean pada Kami pagi, atau sekitar pukul 04.00 WIB. Kemudian antrean disebut sudah tidak terjadi lagi setelah pukul 05:00 WIB.

Melalui keterangan pers yang Kompas.com terima, PT Angkasa Pura II menginformasikan bahwa antrean terjadi di posko pemeriksaan dokumen perjalanan. Kendati demikian, terdapat cerita yang berbeda dari seorang penumpang bernama Ardi Gumelar Kusumah yang sudah antre dari pukul 02:00 WIB untuk terbang terkait urusan dinas. “Penerbangan saya tadi pagi dari CGK tujuan Tarakan dengan pesawat Batik Air pukul 06:30 pagi.

Saya datang ke Soetta jam 2 pagi, antrean sudah lumayan panjang,” kata Ardi saat dihubungi Kompas.com, Kamis. Ardi menuturkan, antrean disebabkan karena penumpang pesawat harus mengisi form Kartu Kewaspadaan Kesehatan. Setelah mengisi form , penumpang diharuskan mengantri kembali untuk memvalidasi dokumen seperti surat perjalanan dinas, dan hasil uji cepat ( rapid test ) virus corona terbaru yang tidak boleh lebih dari seminggu.

“Di tempat validasi dokumen, kita juga dikasih form clearance kesehatan. Isinya hasil pemeriksaan suhu, saturasi, dan nadi. Clearance kesehatan) diisi, ditandatangani, dan diberikan stempel oleh petugas kesehatan yang bersangkutan,” ujar Ardi Kendati antrean sudah terlihat panjang pada pukul 02:00 WIB, petugas kesehatan baru terlihat pukul 03:00 WIB.

Saat pemberian stempel, mereka juga harus pindah dari satu meja ke meja lain hanya untuk mendapatkannya. “Belum jelas gitu instruksinya dari mulai kami masuk harus gimana. Petugas bandaranya pun kelihatan masih bingung. Soal jaga jarak, sudah diabaikan sama sekali karena padatnya antrean,” kata Ardi.

Dia juga mengatakan, antrean yang padat disebabkan karena petugas yang berjaga hanya beberapa orang saja. Selain itu, penerbangan dijadikan satu pintu hingga semua menumpuk di sana. Usai mendapatkan stempel, Ardi melakukan pemeriksaan tiket oleh petugas bandara, melewati x ray, dan sampai di konter check in.

Ardi menuturkan, waktu yang dihabiskan dari mengisi form Kartu Kewaspadaan Kesehatan hingga sampai ke konter check in adalah dua jam. Akibatnya, dia harus sahur secara terburu buru mengejar imsak. Kendati antrean yang dilewati cukup panjang, namun area konter check in terbilang lengang.

“Tidak sepenuh waktu kita ngantri isi form dan validasi dokumen. Setelah check in, saya salat subuh lalu masuk ke ruang tunggu. Sekitar 1 jam di ruang tunggu, kami dipanggil untuk masuk pesawat,” tutur Ardi. Sebelum masuk ke pesawat, tepatnya di bagian pengecekkan tiket, dokumen Ardi kembali diperiksa.

Sesampainya di dalam pesawat, dia melihat penumpangnya tidak begitu banyak. Bahkan bangku yang tersedia banyak yang kosong. “Selain bangku tengah yang memang dikosongkan untuk physical distancing . Pesawat saya transit di Balikpapan selama 1 jam. Setelah transit, penumpang semakin sedikit,” ujar Ardi.

Dia menuturkan bahwa dari Balikpapan ke Tarakan, penumpang pesawat yang ditumpangi berada di kisaran 30 orang saja. Sementara kursi di depannya terlihat kosong dan terlihat hanya ada dua penumpang di kelas Ekonomi, dan satu di kelas Bisnis. PT Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan bahwa antrean terjadi di posko pemeriksaan dokumen perjalanan.

Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno Hatta Febri Toga menuturkan, personel AP II berupaya penuh mengatur antrean. Kendati demikian, para calon penumpang pesawat yang datang cukup banyak di Terminal 2 Gate 4. “Antrean di posko verifikasi dokumen terjadi mulai pukul 04:00 WIB, di mana calon penumpang memiliki tiket pesawat untuk penerbangan antara pukul 06:00 – 08:00 WIB,” kata Febri dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

“Di antara pukul tersebut terdapat 13 penerbangan dengan keberangkatan hampir bersamaan, yaitu 11 penerbangan Lion Air Group dan dua penerbangan Citilink,” imbuhnya. Posko pemeriksaan dokumen perjalanan penuh lantara calon penumpang harus melakukan verifikasi kelengkapan dokumen sebagai syarat untuk bisa memproses check in pada masa pengecualian dalam pembatasan penerbangan.

Load More Related Articles
Load More In Metropolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wakil Wali Kota Jakpus Datangi Wisma Antara Lima Pegawai Kantor Berita Antara Positif Covid-19

Peninjauan di lantai 19 dan 20 gedung tersebut karena adalima pegawai Kantor Berita Antara…