Home Nasional Pemerintah Siapkan Lumbung Padi Baru di Kalimantan Tengah

Pemerintah Siapkan Lumbung Padi Baru di Kalimantan Tengah

2 min read
0
0
2

Untuk menjaga ketersediaan pangan di tengah ancaman kekeringan dan pandemi corona, Pemerintah menyiapkan lumbung padi baru di Kalimantan Tengah. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas antisipasi dampak kekeringan terhadap ketersediaan bahan pokok, Selasa (5/5/2020). "Perkembangan lain ada penugasan untuk Perum Bulog untuk menjaga stok dan bapak Presiden mengarahkan untuk konsentrasi melihat lumbung padi baru di lahan yang dulu pernah disiapkan, yaitu di Kalimantan," kata Airlangga.

Airlangga mengatakan Kalimantan dipilih sebagai lumbung padi baru karena memiliki curah hujan yang cukup. Kementerian PUPR akan menyiapkan infrastruktur lumbung pangan baru tersebut. "Laporan dari BMKG maupun KLHK di sana, curah hujan sampai November masih cukup, masih sekitar 200 mm dan juga kebutuhan air relatif ada, sehingga tentu Kementan BUMN dan lain konsentrasi dan juga PUPR mempersiapkan berkonsentrasi untuk menyiapkan infrastruktur lumbung pangan di Kalteng tersebut," katanya. Airlangga mengatakan produksi beras pada Mei Juni diprediksi meningkat. Produksi beras akan melampaui konsumsi sehingga ketersediaan pangan hingga akhir tahun akan relatif aman.

"Mei dan Juni itu sekitar 3,6 juta ton produksi beras. Juni 2,3 juta dan diperkirakan Agustus sekitar 3 juta sehingga relatif, sampai akhir tahun stok beras aman," pungkasnya.

Load More Related Articles
Load More In Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

78 Juta dari Global Climate Fund Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca Indonesia Terima RBP USD 103

Masih dalam suasana bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Indonesia mendapatkan pengakuan …