Home Travel Panduan Lengkap Liburan ala Backpacker ke Selandia Baru untuk Pemula

Panduan Lengkap Liburan ala Backpacker ke Selandia Baru untuk Pemula

13 min read
0
0
7

Selandia Baru dikenal sebagai satu negara populer di kalangan wisatawan. Pemandangan alamnya yang masih terjaga dengan baik, kuliner lokalnya yang lezat serta budayanya yang kental membuat siapapun betah berada di sana. Bagi kamu yang baru pertama kali berlibur ke Selandia Baru, ada beberapa hal yang musti kamu persiapkan.

Karena mengunjungi negara lain, maka paspor perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Paspor menjadi dokumen penting ketika akan backpackeran ke luar negeri, termasuk Selandia Baru. Selain itu, pastikan juga masa berlaku paspor yang kamu miliki tidak boleh kurang dari enam bulan.

Bila kamu belum mempunyai paspor, atau masa berlaku paspor kurang dari enam bulan, maka kamu perlu mengajukan paspor baru. Kamu juga bisa mendaftarkan pembuatan paspor secara online. Langkah pertama adalah mendaftar antrean paspor online kamu di laman antrian.imigrasi.go.id atau lewat aplikasi 'Layanan Paspor Online'.

Setelah itu kamu wajib buat akun dan kemudian login. Lalu, isikan data sesuai dengan identitas diri kamu dengan tepat dan benar. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan persyaratan untuk membuat paspor.

Mulai dari Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, dan Akta Perkawinan (jika ada). Meskipun sudah mendaftar secara online, kamu juga wajib mendaftar langsung ke kantor imigrasi. Datanglah sesuai jadwal antrean online yang telah kamu dapatkan sebelumnya.

Saat di kantor imigrasi, dokumen yang kamu bawa tersebut akan diverifikasi, foto, perekaman sidik jari, dan wawancara. Pertanyaan wawancara yang akan dilontarkan adalah seputar tujuan kamu membuat paspor itu untuk apa. Jika sudah kamu bisa melakukan pembayaran, untuk biaya pembuatan paspor ini, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 355 ribu.

Setelah itu paspormu akan jadi dalam waktu tiga hari kerja. 1. Mengajukan visa Selandia Baru lebih cepat dan lebih mudah dengan sistem online. Kamu bisa mengajukan visa Selandia Baru melalui sistem online Imigrasi Selandia Baru di situs :

Di situs ini, kamu bisa mengunggah dokumen, foto dan membayar aplikasi secara online. 2. Setelah mendaftar online visa Selandia Baru, kamu bisa memeriksa status pengajuan visa Selandia Baru 3. Penting diketahui bagi semua wisatawan yang akan liburan ke Selandia Baru, sebaiknya jangan beli tiket perjalanan sebelum pengajuan visa Selandia Baru mu selesai.

Wisatawan bisa mengajukan permohonan visa Selandia Baru paling cepat enam bulan sebelum melakukan perjalanan. Jika kamu liburan ke Selandia Baru dan transit di Bandara Australia, kamu mungkin juga membutuhkan visa Australia. Kamu bisa tanyakan kepada agen perjalanan atau maskapai penerbangan jika merasa ragu.

Visa transit juga diperlukan bagi semua orang yang transit di Selandia Baru, kecuali warga negara yang secara khusus dibebaskan visa oleh kebijakan imigrasi. 1. Form aplikasi pembuatan visa Selandia Baru yang dapat diunduh 2. Dua lembar foto 3,5×4,5cm, foto terbaru (kurang dari 6 bulan), berwarna, latar belakang warna terang (bukan putih) dan bukan selfie.

Ketentuan foto untuk visa Selandia Baru yang diterima bisa dilihat 3. Paspor yang masih berlaku minimal enam bulan setelah tanggal kembali ke Indonesia. 4. Rekening koran 3 bulan terakhir, dengan saldo minimal 1000 NZD (sekitar Rp10 juta) bagi yang ingin tinggal hingga 1 bulan dan belum punya akomodasi di sana, atau formulir sponsor dari warga negara Selandia Baru jika kunjungan disponsori oleh mereka.

5. Surat referensi kerja yang menyatakan Anda telah diizinkan cuti, Surat Izin Usaha atau bukti kepemilikan perusahaan (untuk yang memiliki usaha sendiri), atau kartu pelajar (untuk pelajar dan mahasiswa). 6. Surat persetujuan dan fotokopi KTP dari orang tua untuk anak di bawah 17 tahun, jika bepergian tanpa orang tua. 7. Jadwal penerbangan yang direncanakan.

Tiket pesawat pulang pergi tidak diwajibkan untuk dilampirkan ketika mengajukan visa. Bahkan kedutaan menyarankan agar tidak membeli tiket dulu sebelum visa diterima. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat visa Selandia Brau kurang lebih sekitar Rp 2 juta.

Biaya pembuatan visa Selandia Baru terdiri dari biaya pengajuan visa (NZD 165), biaya verifikasi paspor (Rp 186.500 untuk aplikasi online atau Rp 248.500 untuk aplikasi secara langsung atau lewat pos). 1. Kamu hanya perlu membayar biaya visa Selandia Baru untuk satu orang dan berlaku untuk satu keluarga, terdiri dari suami, istri dan anak usia di bawah 20 tahun yang terdaftar di dalam satu Kartu Keluarga. 2. Biaya pembuatan visa tidak kembali jika visa ditolak.

Wisatawan wajib melengkapi kartu kedatangan penumpang atau ' the Passenger Arrival Card' sebelum melewati pemeriksaan paspor dan pabean. Kamu bisa mendapatkan kartu kedatangan penumpang saat tiba di Selandia Baru Kartu kedatangan penumpang akan diberikan kepada wisatawan dalam penerbangan.

Jika tidak, kartu tersedia di tempat kedatangan. Untuk melindungi keamanan New Zealand, beberapa jenis barang tidak diizinkan dibawa masuk ke negara ini, dibatasi untuk masuk, atau harus dinyatakan berbahaya jika dianggap berisiko. Selandia Baru memiliki prosedur biosekuriti yang sangat ketat di gerbang internasional untuk mencegah masuknya hama dan penyakit berbahaya.

Semua barang berisiko harus dibuang di tempat amnesti di udara dan laut. Ada baiknya memesan tiket pesawat beberapa bulan sebelum keberangkatan karena jauh lebih hemat. Kamu bisa memesannya lewat Online Travel Agent seperti Traveloka, Pegipegi, Tiket.com dan masih banyak lagi.

Untuk penerbangan dengan harga yang paling murah, kamu bisa memesan tiket dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta menuju Auckland, Selandia Baru. Waktu tempuh perjalanan sekitar 17 jam 10 menit. Kamu akan berangkat dari Bandara Soekarno Hatta pada12:35 dan tiba keesokan harinya pada pukul 10:45.

Perjalanan akan transit sejenak diBangkok Suvarnabhumi Internationalselama 2 jam 50 menit. Biaya tiket penerbangan sekitar Rp 5.079.700, . Hotel murah di Auckland, Selandia Baru yang dipesan pada Selasa (17/09/2019).

229 Queen St (Pojok Queen St dan Darby) St, Darby Street Base Auckland mendapat peringkat sebagai satu hostel terbaik di dunia. Penginapan dilengkapi dengan peta kota gratis, tur kota gratis, dan wifi gratis.

Lokasi Base Auckland cukup strategis. Setelah melewati bea cukai, belok kanan. Ini akan membawa kamu ke area bus, antar jemput, dan pangkalan taksi di luar pintu kaca gedung.

Airbus berada di ujung kanan, melewati pangkalan taksi. Airbus berangkat setiap 20 menit, 24 jam sehari ini adalah perjalanan termurah ke Auckland. Mereka akan menurunkanlangsung di depan Base Auckland.

Harga penginapanBase Auckland mulai Rp 197.023, . Fort Street, Auckland CBD,Auckland,Selandia Baru Penginapan dilengkapi denganWifi gratis,sarapan gratis denganpilihan sereal, roti panggang, bumbu, teh, kopi, dan jus jeruk.

Seprai dan linen disediakan gratis. Penyimpanan bagasi gratis Ruang komunal besar, TV dengan Netflix, buku, meja biliar, dan bar di rumah.

Harga kamar diQueenstreet Backpackers mulai Rp187.735, permalam. Cara menuju Queenstreet Backpackers cukup mudah. Nomads Auckland Backpackers terletak di sebuah bangunan bersejarah yang indah di CBD Auckland dan berjarak 10 menit berjalan kaki dari Spark Arena, Sky Tower, dan Pelabuhan Viaduct.

Berjarak 5 menit berjalan kaki ke Stasiun Kereta Britomart dan Queen Street terletak sangat dekat. Fasilitas di Nomads Auckland termasuk bagian penerima tamu 24 jam, teh dan kopi gratis, wifi gratis, penyimpanan bagasi gratis, sauna, meja perjalanan, loker di semua kamar, dan dapur dengan pemandangan kota dan pelabuhan yang indah. Ada ruang komunal besar dengan TV (DVD ”tersedia dari penerimaan), banyak bean bag untuk bersantai, permainan papan, buku dan mesin penjual otomatis untuk minuman dan makanan ringan.

Harga penginapan diNomads Auckland Backpackers mulai Rp196.085, permalam. Cnr City Road & Liverpool st, 20,Auckland,Selandia Baru Penginapan dilengkapi dengantempat berjemur terbuka dan BBQ, dapur besar dan ruang makan, lounge, pertukaran buku, TV SKY, penyewaan DVD, binatu dengan bubuk cuci gratis, internet nirkabel, bagian penerima tamu 24 jam.

Terletak di dekat puncak Queen Street, beberapa menit dari jantung kota di mana kamu dapat menemukan restoran, kafe, dan bar terbaik yang ditawarkan negara ini. Akses mudah ke berbagai atraksi utama kota, pasar, pusat transportasi, bioskop, museum, galeri seni, konsulat, dan layanan imigrasi. Harga penginapan mulai Rp243.933, permalam.

Load More Related Articles
Load More In Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 Kota Ini Dinobatkan Sebagai Kota Paling Ramah Sepeda di Dunia

Sepeda sempat menjadi tren di Indonesia saat pembatasan perjalanan karena Covid 19. Kebias…