Home Techno Mudah Enggak Ribet! Cara Dapat Token Listrik Gratis

Mudah Enggak Ribet! Cara Dapat Token Listrik Gratis

3 min read
0
0
5

PT PLN (Persero) telah membuat cara mendapatkan listrik gratis untuk pelanggan prabayar golongan 450 VA (Volt Ampere) dan golongan subsidi 900 VA. Ada dua cara untuk mendapatkan token gratis. Yang pertama yakni melalui situs PLN yakni www.pln.co.id.

Kedua melalui WhatsApp di nomor 08122 123 123. Para pelanggan hanya perlu mengirimkan ID Pelanggan melalui dua jalur tersebut. Untuk mendapatkan token gratis, berikut ini caranya:

1. Masuk ke laman 2. Klip menu Pelanggan dan langsung pilih Stimulus Covid 19 3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter

4. Token Gratis akan ditampilkan di layar 5. Masukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan 1. Chat WhatsApp ke 08122 123 123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

2. Setelah itu, token gratis akan muncul 3. Masukkan Token Gratis tersebut ke meteran sesuai ID Pelanggan Sebelumnya diberitakan, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM menjelaskan bahwa keringanan tagihan listrik bagi pelanggan 450 VA yang regular atau pascabayar akan digratiskan biaya pemakaian dan biaya beban.

"Untuk golongan 450 VA yang regular (pascabayar) atau pakai dulu baru bayar, berapun pakainya ya gratis, tidak bayar apa apa," kata Rida. Selain itu, untuk mengantisipasi pemakaian konsumen regular yang melebihi batas, Kementerian ESDM dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah memiliki database penggunaan masing masing konsumen. "Nantinya bakal jepret juga skeringnya kalau melebihi batas," lanjutnya.

Khusus prabayar 450 VA, pemerintah akan memberikan token gratis setiap bulan sebesar pemakaian tertinggi dari tiga bulan terakhir. "Masing masing pelanggan pemakaian listriknya kan beda beda, kami sudah punya profil pelanggan, serta angka maksimum dari pemakaian tiga bulan terakhir, yang kita berikan selama tiga bulan ke depan," ujar Rida. Selanjutnya untuk konsumen 900 VA prabayar, setiap bulannya akan diberikan token listrik gratis sebesar 50% dikalikan pemakaian bulan tertinggi dari tiga bulan terakhir.

"Sama seperti 450 VA, hanya saja tidak gratis tetapi bayarnya hanya 50%," jelas Rida. Selama tiga bulan ke depan, mulai bulan April hingga Juli, kedua pelanggan 450 VA dan sebagian 900 VA akan mengikuti mekanisme tersebut. Pemerintah juga telah menyediakan dana sebesar Rp 3,5 triliun.

Dana tersebut disiapkan pemerintah bagi pelanggan listrik tidak mampu sebagai perlindungan sosial di tengah mewabahnya covid 19.

Load More Related Articles
Load More In Techno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen atau Menonaktifkan Sementara dengan Mudah

Berikut cara mudah menghapus akun Instagram secara permanen (selamanya). Selain itu, dalam…