Home Nasional Momentum Pandemi ini sebagai Sebuah Kebangkitan Baru buat Melakukan Sebuah Lompatan Besar Jokowi

Momentum Pandemi ini sebagai Sebuah Kebangkitan Baru buat Melakukan Sebuah Lompatan Besar Jokowi

2 min read
0
0
2

Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengatakan, Indonesia harus bisa memanfaatkan situasi krisis pandemi Covid 19 untuk melakukan lompatan lompatan besar. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan pidato kenegaraan dalam rangka Sidang Tahunan MPR 2020 jelang HUT ke 75 Republik Indonesia di Gedung DPR/MPR, Jumat (14/8/2020). "Saya menyambut hangat seruan moral penuh kearifan dari para ulama, pemuka agama, dan tokoh tokoh budaya agar menjadikan momentum musibah pandemi ini sebagai sebuah kebangkitan baru untuk melakukan sebuah lompatan besar," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, momen ini harus dimanfaatkan Indonesia untuk membenahi diri secara fundamental. Melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar di segala bidang. Mulai dari bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan.

"Saatnya kita bajak momentum krisis ini untuk melakukan lompatan lompatan besar," ungkap Jokowi. Dalm pidatonya, Jokowi juga menyampaikan, bahwa pandemi Covid 19 tak hanya berdampak pada bidang kesehatan. Melainkan juga berdampak pada sektor perekonomian di seluruh dunia.

Bahkan, perekonomian di kuartal pertama 2020, pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih plus 2,97 persen. Namun, pada kuartal kedua ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 5,32 persen. Tak hanya di Indonesia, lanjut dia, ekonomi di negara negara maju bahkan mengalami minus 17 sampai 20 persen.

Untuk itu, Jokowi menekankan, bahwa kemunduran negara negara besar ini bisa menjadi menjadi peluang dan momentum bagi Indonesia mengejar ketertinggalan. "Ibarat komputer perekonomian semua negara saat ini sedang macet, sedang hang." "Semua negara harus menjalani proses mati komputer sesaat, harus melakukan restart harus melakukan re booting."

"Semua negara mempunyai kesempatan men setting ulang semua sistemnya," tandasnya.

Load More Related Articles
Load More In Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

78 Juta dari Global Climate Fund Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca Indonesia Terima RBP USD 103

Masih dalam suasana bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Indonesia mendapatkan pengakuan …