Home Techno Menristekdikti Minta BAPETEN Sosialisasikan Produk yang Pancarkan Radiasi

Menristekdikti Minta BAPETEN Sosialisasikan Produk yang Pancarkan Radiasi

2 min read
0
0
8

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir meminta kepada Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) untuk menyosialisasikan produk yang memancarkan radiasi tinggi. Hal itu guna menghindari potensi penyakit yang dihasilkan oleh pancaran radiasi. "BAPETEN mempunyai tugas mensosialisasikan kepada rakyat Indonesia produk produk apa saja yang ada radiasinya," katanya saat membuka acara Konferensi Informasi Pengawasan (Korinwas) yang bertemakan 'Penegakan Hukum dan Pemanfaatan Tenaga Nuklir', di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Menurutnya, selama ini mayoritas masyarakat tak peduli terhadap barang atau produk yang menghasilkan radiasi. Ia juga melihat peran edukasi yang kurang dilaksanakan untuk menyadarkan masyarakat akan bahayanya pancaran radiasi terhadap kesehatan tubuh. Untuk itu, selain melakukan sosialisasi, Menteri Nasir meminta BAPETEN untuk mengedukasi masyarakat akan bahayanya pancara radiasi.

"Banyak alat yang digunakan yang mengandung radiasi, tapi tidak tahu betapa pentingnya, selalu tidak pernah diedukasi masyarakat itu," ujarnya. "Kalau kita sudah tahu semua dipublish kepada masyarakat sehingga masyarakat akan memahami 'oh ini adalah barang yang mengandung radiasi'," pungkasnya. Sebelumnya, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) bekerja sama dengan Kepolisian Republik lndonesia (POLRI) dalam rangka penegakan hukum ketenaganukliran.

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tersebut dilakukan oleh Sekretaris Utama BAPETEN Hendriyanto Hadi Tjahyono dengan Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Polisi Fadil Imran. Acara digelar sebelum pembukaan Konferensi Informasi Pengawasan (Korinwas) yang bertemakan ”Penegakan Hukum dan Pemanfaatan Tenaga Nuklir”, di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Load More Related Articles
Load More In Techno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen atau Menonaktifkan Sementara dengan Mudah

Berikut cara mudah menghapus akun Instagram secara permanen (selamanya). Selain itu, dalam…