Home Sains Mengenal Cs 137 Radioaktif di Perumahan Batan Indah Apa Efeknya Pada Manusia Jika Terpapar

Mengenal Cs 137 Radioaktif di Perumahan Batan Indah Apa Efeknya Pada Manusia Jika Terpapar

2 min read
0
0
4

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) telah melakukan pemeriksaan pada lokasi paparan radioaktif di lingkungan tanah kosong Perumahan Batan Indah, Kademangan, Setu, Tangerang Selatan Banten. Dari hasil sementara, disebutkan radioaktif yang ditemukan di kawasan itu berjenis Cesium 137 atau Cs 137. Peneliti senior BATAN, Prof. Dr Djarot Sulistio Wisnubroto, menungkapkan, CS 137 biasa digunakan untuk rumah sakit dan industri.

Ia mengatakan, dalam pratik medis pasien bisa terpapar Cs 137 saat menjalani CT Scan maupun X ray. Penggunaan radioaktif itu untuk pratik medis dalam skala yang kecil, tidak akan berdampak apa apa. Ia menyebut, saat menjalani CT scan rata rata pasien akan terpapar radiasi sebesar 10 mili Sv atau Sieverts (satuan dosis radiasi efektif).

Sementara, ketika pasien menjalani penyinaran rontgen akan mendapat paparan radiasi 0,1 mili Sv. Diketahui pula, Cs 137 juga digunakan industri untuk dapat mengukur ketebalan kertas produksinya, masa jenis bahan dan lain lain. Ia menduga, sumber radioaktif tersebut berasal penggunaan Cs 137 untuk industri, pasalnya jika terjadi kebocoran maka area terdampak akan jauh lebih luas.

"Bukan dari kebocoran fasilitas nuklir, kalau bocor pasti ditemukannya di area yang luas dan menyebar," kata dia lagi. Sejauh ini, Djarot mengatakan, dari hasil penelitian sementara paparan Cs 137 yang ada di lokasi masih dikategorikan aman. "Apakah ada efeknya, tidak ada. Sekarang kita cek hasil temuan Bapeten di Batan Indah, berapa paparannya? Dari info yang saya dapat dalam skala mikro Sv. Jadi masih aman, krn x ray atau CT SCAN saja lebih tinggi. Jadi kasus Batan Indah yg skalanya hanya mikro Sv masih aman," ujar dia.

Load More Related Articles
Load More In Sains

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Berpotensi Berdampak Buruk pada Bumi Bintik Matahari Seukuran Mars Mengarah menuju Bumi

Sebuah bintik matahari raksasa telah diidentifikasi di permukaan matahari. Pengamatan menu…