Home Techno Kirim Surat Pemberitahuan Akusisi menuju KPPU Gojek Caplok Startup Kasir Online Moka

Kirim Surat Pemberitahuan Akusisi menuju KPPU Gojek Caplok Startup Kasir Online Moka

1 min read
0
0
2

Tahun 2019 berhembus kabar bahwa PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) akuisisi Moka Technology Solutions Pte Ltd. Moka adalah perusahaan rintisan teknologi finansial (fintech) yang menyediakan layanan mobil point of sales (MPOS) atau kasir online. Kini kabar itu menjadi kenyataan. Manajemen decacorn super app Indonesia tersebut sudah mengirimkan pemberitahuan aksi korporasi tersebut ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57 tahun 2010 tentang Merger dan Akuisisi, setiap penggabungan badan usaha, peleburan badan usaha atau pengambilalihan saham perusahaan lain yang berakibat nilai aset atau nilai penjualannya melebihi jumlah tertentu wajib diberitahukan secara tertulis ke KPPU paling lama 30 hari kerja sejak tanggal efektif aksi korporasi tersebut.

Situs KPPU mencatat manajemen Gojek menyampaikan pemberitahuan tersebut pada 9 April 2020. Pemberitahuan terregristrasi pada nomor A1 60 20. Artinya, kepastian akuisisi itu sudah terjadi pada Maret lalu. Belum ada penjelasan resmi dari kedua pihak atas akuisisi ini. Menurut pemberitaan Bloomberg pada Desember 2019, akuisisi itu bernilai US$ 120 juta.

Akuisisi Gojek terhadap Moka akan meningkatkan bisnis di bidang pembayaran digital. Gojek sudah punya bisnis pembayaran, yakni Gopay. Tahun lalu, GoPay dan Moka sudah berkolaborasi dalam alat pembayaran.

Load More Related Articles
Load More In Techno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen atau Menonaktifkan Sementara dengan Mudah

Berikut cara mudah menghapus akun Instagram secara permanen (selamanya). Selain itu, dalam…