Home Metropolitan Kini Hamil 14 Minggu NF Tersangka Pembunuhan Bocah 5 Tahun Sekaligus Korban Kekerasan Seksual

Kini Hamil 14 Minggu NF Tersangka Pembunuhan Bocah 5 Tahun Sekaligus Korban Kekerasan Seksual

3 min read
0
0
5

Masih ingat NF (15), remaja yang diduga membunuh tetangganya sendiri berusia 5 tahun di Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada Maret 2020 lalu? Menurut penuturanDirektur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat, NF juga sebagai korban kekerasan seksual dari tiga orang terdekatnya. NF sendiri kini tengah hamil 14 minggu.

"NF meminta Handayani terus menemaninya sampai anaknya lahir," kata Harry, dalam keterangan resminya, Kamis (14/5/2020). Harry menjelaskan, kiniNF berada pada dua posisi sekaligus, yaitu sebagai tersangka pembunuhan dan menjadi korbankekerasanseksual. "Kasus kedua juga perlu diselidiki untuk mendapatkan kesimpulan logis mengapa anak ini melakukan tindak kekerasan," tambah Harry.

Di sisi lain, Harry menegaskan, pentingnya memenuhi hak NF sebagai anak yang membutuhkan perlindungan khusus. Perwakilan Kejaksaan NegeriJakartaPusat, kata Harry, telah menjelaskan proses yang dilakukan ini bukan semata mata penegakan hukum. "Tetapi NF juga memiliki hak dan kewajiban sebagai anak yang patut dipenuhi," sambung Harry.

"Kejaksaan negeri juga selalu mendukung proses rehabilitasi sosial oleh Balai Anak Handayani Jakarta. Kami juga akan terus memantau," lanjutnya. Harry pun membeberkan, perwakilan dari Dinas Pendidikan memastikan bahwa hak NF sebagai siswa tidak akan dinafikan. "Penilaian kelulusan yang menggunakan nilai raport dan portofolio juga diterapkan untuk NF," ungkap Harry.

Demikian pula hak NF untuk mendapatkan layanan kesehatan. Deputi Perlindungan , Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan (KPPPA), Nahar, menyatakan hak anak dalam proses peradilan adalah mendapat pendampingan hukum. Termasuk kasus NF (15), remaja putri yang menjadi pelaku sekaligus korban kekerasan seksual.

Harapannya, kata Nahar, semua proses terkoordinasi dan penyelesaian perkara dilakukan secara koordinatif. Dukungan agar NF mendapat rehabilitasi sosial pasca keputusan pengadilan datang dari berbagai pihak Satu di antaranya dari Komisioner Komisi Perlindungan Indonesia (KPAI), Putu Elvina.

"Sejak kasus ini merebak, kami sudah rekomendasikan untuk rehabilitasi. NF akan menjalani proses panjang," kata Putu, dalam keterangan resminya yang sama. "Saya berfikir kondisi psikologis pasti mengalami penurunan dan ini bisa di manage oleh Balai Handayani Jakarta," sambungnya.

Load More Related Articles
Load More In Metropolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wakil Wali Kota Jakpus Datangi Wisma Antara Lima Pegawai Kantor Berita Antara Positif Covid-19

Peninjauan di lantai 19 dan 20 gedung tersebut karena adalima pegawai Kantor Berita Antara…