Home Kesehatan Ketahui Pula Pencegahannya Tiga Penyakit yang Perlu Diwaspadai di Musim Hujan

Ketahui Pula Pencegahannya Tiga Penyakit yang Perlu Diwaspadai di Musim Hujan

3 min read
0
0
7

Sejak awal tahun 2020, hujan hampir terjadi setiap hari.Intensitasnya cukup tinggi, bahkan hingga menyebabkan banjir di beberapa wilayah di Jabodetabek. Saat musim hujan datang, Kementerian Kesehatan mengingatkan untuk mewaspadai penyakit terkait penyakit yang menyerang pernafasan atau pencernaan. Itu dapat menggangu stamina tubuh dan kesehatan. Penyakit apa saja itu?

Penyakit influenza termasuk penyakit yang mudah terjadi saat pergantian cuaca dan juga mudah ditularkan ke orang lain. Virus influenza ini bisa menular melalui mulut, hidung, ataupun tangan yang menyentuh benda yang tekontmiasi virus influenza. Influenza bisa dicegah dengan olahraga dan istirahat yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kemudian perbanyak konsumsi buah, sayur, dan terapkan perilaku bersih dengan cuci tangan dan memakai masker ketika terkena flu agar tidak menularkan ke orang lain. Demam berdarah termasuk penyakit langganan juga yang biasa muncul saat musim hujan tiba karena perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti lebih meningkat. Penyakit yang khas dengan timbulnya bercak bercak merah pada kulit yang diikuti juga dengan pusing dan demam ini bisa dicegah dengan mengurangi tempat nyamuk berkembangbiak.

Lakukan pola 3M Plus yakni menguras bak mandi, menutup tempat air, dan memanfaatkan barang barangbekas serta melakukan Pembetantasan Sarang Nyamuk (PSN). Perlu diingat juga nyamuk suka pada tempat yang basah dan lembap, seperti di pagar yang menampung air, hingga tumpukan baju yang biasa digantung di belakang pintu. Diare biasanya muncul akibat mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit lainnya. Virus yang dapat menyebabkan diare adalah bakteri e. coli, salmonella, shigella, dan lainnya.

Diare yang biasanya akan membuat penderita sakit perut dan ingin buang air besar terus ini bisa dicegah juga dengan menerapkan gaya hidup bersih. Kebersihan tangan paling utama karena terkadang digunakan untuk memasukan makanan ke dalam mulut, jadi cuci lah tangan pakai sabun dan air mengalir. Tidak hanya kebersihan tangan, pastikan juga kebersihan makanan yang akan dikonsumsi.

Load More Related Articles
Load More In Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ada Serangga 12 Makanan & Minuman yang Jarang Diketahui Padahal Berkhasiat Tinggi bagi Tubuh

Pakar kesehatan sering merekomendasikan makanan seperti sayuran hijau sebagai pensuplai nu…