Home Kesehatan Ketahui Gejala Stroke Ringan, Jangan Sampai Anda Mengabaikannya

Ketahui Gejala Stroke Ringan, Jangan Sampai Anda Mengabaikannya

3 min read
0
0
6

Gejalastrokeringan sebenarnya sangat tidak boleh diabaikan meskipun hanya berlangsung beberapa menit. Walaupun tidak terjadi kerusakan, tetapistrokeringan bisa menjadi peringatan. Karenasatu daritigaorang yang pernah mengalamistrokeringan, bisa mengalamistrokedan sekitar setengahnya terjadi dalam waktu satu tahun.

Sekitar 70 persen orang yang mengalami stroke ringan atau mini stroke (transient ischemic attack) bisa tidak menyadari gejalanya sama sekali. Stroke ringan sering kali terlambat diobati karena gejalanya disalahpahami sebagai kejang ringan, migrain biasa, atau hipoglikemia (gula darah rendah). Itulah sebabnya,kita bisa saja terlambat mendapat pengobatan. Padahal, stroke ringan adalah tanda peringatan untuk kita segera mendapatkan pertolongan medis. Gejala stroke ringan TIA umumnya sama dengan gejala stroke biasa (stroke iskemik atau hemoragik).

Bedanya, serangan stroke ringan ini hanya berlangsung 2 15 menit dalam 24 jam. Tingkat keparahan gejala yang muncul juga bisa berbeda beda pada setiap orang, tergantung bagian otak mana yang bermasalah. Tanda dan gejala stroke ringan yang umumnya terjadi meliputi:

Stroke ringan disebabkan oleh otak yang kekurangan pasukan oksigen. Maka, gejala khas yang mungkin paling pertama muncul adalah sakit kepala parah tanpa penyebab atau pemicu yang jelas. Jika Anda sering kali merasakan ini segeralah periksakan diri ke dokter. Otak kita merupakan sistem saraf pusat. Itu sebabnya jika stroke menyerang otak, kerja anggota tubuh jadi ikut terganggu.

Stroke ringan TIA biasanya menyebabkan: Kesulitan berbicara; bicara tak jelas. Kesulitan untuk menelan.

Gangguan penglihatan di salah satu atau kedua mata. Penglihatan kabur, penglihatan ganda, atau kehilangan penglihatan. Sebelah sisi wajah terasa kaku atau lumpuh (turun ke bawah).

Lengan terasa lemah atau mati rasa, sehingga tidak dapat mengangkat atau menggerakkan tangan Ketika mencoba, tangan malah terkulai lemas jatuh ke bawah. Jika Anda mengalami gejala gejala tersebut tanpa penyebab yang jelas, segera ke dokter untuk mendapatkan tes diagnosis dan pengobatannya.

Semakin cepat gejalastrokeringan diobati, semakin tinggi peluang penderita untuk pulih sepenuhnya.

Load More Related Articles
Load More In Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ada Serangga 12 Makanan & Minuman yang Jarang Diketahui Padahal Berkhasiat Tinggi bagi Tubuh

Pakar kesehatan sering merekomendasikan makanan seperti sayuran hijau sebagai pensuplai nu…