Home Otomotif Ketahui Fungsi dan Seberapa Pentingnya Relay di Motor

Ketahui Fungsi dan Seberapa Pentingnya Relay di Motor

3 min read
0
0
6

Salah satu modifikasi yang biasa dilakukan oleh bikers untuk motornya biasanya penggantian klakson yang lebih keras dan lampu depan jenis LED atau HID. Nah, saat ganti klakson atau lampu LED atau HID sebaiknya diiringi dengan pemasangan relay. Lalu apa itu komponen relay dan seberapa penting fungsinya?

Belum banyak yang tahu kalau relay menjaga kestabilan daya listrik yang digunakan oleh klakson atau lampu lampu tersebut. "Relay kalau di motor fungsinya buat mengontrol beban arus besar menjadi lebih kecil," kata Topik, mekanik Barokah Motor Jagakarsa saat ditemui beberapa waktu lalu. Kalau mau dijelaskan secara sederhana, relay ini bekerja seperti saklaryang berfungsimemutus dan menghubungkan arus.

Pada relay terdapat dua komponen yang mendukung kinerjanyayaitu kumparan atau elektromagnet dan bagian kontak (saklar). "Bila kontak point terhubung, maka arus listrik dapat mengalir, sedangkan kalau kontak point terbuka maka aliran arus listrik terputus, mirip kinerja platina," terang pria yang kerap disapa Opick dan pernah bekerja di instalasi listrik ini. Jadi fungsi relay ini untuk mengontrol beban arus besar hanya dengan arus yang kecil.

Lebih lanjut, Opick menjelaskan, relay yang biasa dipakai dengan model yang bodinya transparan. "Biasanya pakai yang transparan, supaya saat relay mengalami kerusakan bisa dilihat dari kumparan di dalamnya, hangus atau tidak," pungkasnya. Opick juga menyarankan, agar menggunakan relay yang memiliki spesifikasi 12V (Volt) dan 30 40 A (ampere).

"Kalau ganti klakson aftermarket wajib juga memasang relay, supaya aki enggak cepat tekor," beber Opick sapaan akrab Topik. Selain klakson aftermarketyang punyadaya yang lebih besar, tentu pemasangan relay penting juga kalau kamu pasang HID yang jelas kelistrikannya lebih rumit sebab ada ballast dan controllernya. "Tujuan pasang relay untuk menjaga kestabilan daya listrik, jadi arus listrik yang ditarik menjadi tidak terlalu besar, aki menjadi lebih awet," terang Opick.

Pasang relay juga sebenarnya enggak mahal karena komponen ini gampang ditemui di toko elektronik, jadi jangan lupa dipasang ya kalau motor kamu mau upgrade komponen kelistrikannya!

Load More Related Articles
Load More In Otomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Nissan Kicks e-POWER Diluncurkan di Indonesia Pada 2 September Catat

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akan meluncurkan mobil terbaru mereka, Nissan Kicks e POWE…