Home Metropolitan Kelurahan Medang Lestari Rutin Gelar Razia Banyak Warga Masih Bandel Keluar Rumah Tanpa Masker

Kelurahan Medang Lestari Rutin Gelar Razia Banyak Warga Masih Bandel Keluar Rumah Tanpa Masker

3 min read
0
0
4

– Gugus Tugas Covid 19 Kelurahan Medang Lestari, Kabupaten Tangerang, Banten menggelar razia bagi masyarakat yang tidak mematuhi imbauan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Minggu (3/5/2020). Kegiatan ini rutin dilakukan Gugus Tugas setempat untuk mengingatakan masyarakat yang tidak mematuhi ketentuan PSBB, salah satunya memakai masker saat keluar rumah. Hadi Sumarmin, Ketua RW 08 yang juga selaku komponen pengurus tiga pilar Gugus Penanganan Covid 19 setempat mengatakan kegiatan ini rutin diadakan hampir setiap hari, terutama di waktu menjelang berbuka.

Dikarenakan, di waktu tersebut banyak warga yang terpaksa harus keluar rumah untuk mencari takjil, atau makanan berbuka puasa. “Warga memang kurang begitu respek. Namun selaku pengurus kita tidak segan memberi penjelasan,” ujar Hadi, Minggu (3/5/2020). Hadi dan para tim Gugus Penangan Covid 19 di tingkat paling bawah yang bertugas tidak jarang yang mendapati warga yang tidak merasa bersalah keluar tanpa masker, atau bahkan berboncengan ditengah peraturan pembatasan sosial.

Beberapa diantara warga juga terkadang ada yang tidak terima ditegur, dengan memberikan sejumlah alasan. “Harusnya kita sama sama sadar untuk melakukan pencegahan dengan menggunakan masker kalau keluar rumah, mencuci tangan dan tidak berkerumun. Itu selalu diarahkan oleh para pengurus, baik RT/RW dan kelurahan selalu intensif mengkomunikasikan dengan para warga,” ujarnya. Ia dan tim Gugus yang bertugas untuk saat ini tidak bisa memberikan sangsi untuk menindak warga yang masih kurang bertanggung jawab dan bandel.

Karena hal tersebut menjadi wewenang aparat penegak hukum sesuai standar opereasional (SOP). “Untuk sementara ini bagi pelanggar yang keluar tidak memakia masker dan pengendara yang naik mobil di depan berdua, oleh Kamtibmas dihimbau untuk pindah atau berputar balik," ujar Hadi "Untuk sangsi tambahan lainnya, saat ini sedang di godok oleh pemerintah daerah. Jadi kami selakuk pengurus RW sekedar mengimbau, tidak bisa menindak. Karena SOP aparat yang berhak menindak,” lanjutnya.

Kendati belum ada warga di wilayah yang terjangkit Covid 19, ia dan tim akan terus melakukan upaya pencegahan. "Kalau di Medang ini masih aman, tapi kita harus siap siaga supaya jangan sampai terjadi dan meminimalisir kejadian," tutup Hadi.

Load More Related Articles
Load More In Metropolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wakil Wali Kota Jakpus Datangi Wisma Antara Lima Pegawai Kantor Berita Antara Positif Covid-19

Peninjauan di lantai 19 dan 20 gedung tersebut karena adalima pegawai Kantor Berita Antara…