Home Travel Kehabisan Tiket Mudik Lebaran? Cari ‘Tebengan Mudik’ dengan 5 Aplikasi Ride Sharing Ini Saja

Kehabisan Tiket Mudik Lebaran? Cari ‘Tebengan Mudik’ dengan 5 Aplikasi Ride Sharing Ini Saja

3 min read
0
0
15

Ingin mudik lebaran ke kampung halaman tapi tidak kebagian tiket angkutan umum? Padahal kampung halaman berada cukup jauh di perantauan, rasanya tidak mungkin naik kendaraan pribadi seorang diri. Jika membawa kendaraan pribadi dan hanya diisi satu orang saja, rasanya sangat boros dan membosankan di perjalanan.

Nah, kini ada alternatif untuk menyiasati berbagai masalah di atas. Selain mudik lebaran naik transportasi umum atau transportasi pribadi, kamu bisa coba 'ride sharing' atau yang biasa disebut 'nebeng'. Saat ini sudah banyak pengembang aplikasi yang menyediakan jasa ride sharing.

Berikut aplikasi ride sharing yang saat ini sedang populer: Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ride sharing di atas untuk mudik ke kampung halaman. Secara umum, konsep masing masing aplikasi tersebut tidak jauh berbeda.

Yaitu pengendara A mendaftarkan diri sebagai pemberi tebengan, sedangkan pengendara B mendaftar untuk mencari tebengan. Sistem dan tarif pembayarannya pun beragam, ada yang sesuai kesepakatan antara pengemudi dan penumpang, ada juga yang menggunakan token koin di aplikasi. Tapi, pada umumnya tarif pembayaran ditentukan oleh pemberi tebengan.

Jangan khawatir, tarifnya yang jelas lebih miring daripada naik transportasi umum pada musim mudik lebaran yang melonjak drastis. Aplikasi ride sharing bisa dijadikan opsi karena bisa menguntungkan kedua belah pihak. Baik pemberi tebengan maupun penumpang.

Keduanya bisa menghemat biaya perjalanan mudik, mendapat teman baru, bahkan bisa saling membantu mengurangi angka kemacetan. Apakah aplikasi ride sharing semacam ini aman? Pasalnya, kita tidak benar benar mengenal orang yang kita 'tebengi'.

Sebagian masyarakat mungkin merasa khawatir jika terjadi tindak kejahatan di perjalanan. Dikutip dari laman Gridoto, kedua belah pihak tidak perlu khawatir soal keselamatan dan keamanan aplikasi ride sharing. Aplikasi ride sharing memberi berbagai perlindungan mulai dari pengumpulan informasi data pribadi pengguna hingga pantauan melalui sistem GPS.

Nah, jika kamu berminat mudik menggunakan sistem nebeng atau aplikasi ride sharing, bisa coba mendaftarkan diri di masing masing aplikasi yang sudah disebutkan di atas.

Load More Related Articles
Load More In Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 Kota Ini Dinobatkan Sebagai Kota Paling Ramah Sepeda di Dunia

Sepeda sempat menjadi tren di Indonesia saat pembatasan perjalanan karena Covid 19. Kebias…