Home Travel Ini Rowo Bayu di Banyuwangi, Tempat Wisata yang Disebut Dalam KKN Desa Penari

Ini Rowo Bayu di Banyuwangi, Tempat Wisata yang Disebut Dalam KKN Desa Penari

3 min read
0
0
6

Dikaitkan dengan kisah KKN Desa Penari, Telaga Rowo Bayu kini ramai menjadi perbincangan publik. Sebelumnya, ada sebuah akun Twitter bernama @SimpleM81378523 yang mengunggah kisah KKN Desa Penari. Kisah KKN Desa Penari ini ditulis selama 11 hari dan memiliki teka teki latar tempat kejadian yang berada di daerah Pulau Jawa.

Meski akun Twitter @SimpleM81378523 tidak mau menyebutkan lokasi sebenarnya di mana kejadian tersebut terjadi. Namun dirinya pernah menggunggah foto yang memperlihatkan sebuah telaga dalam tweet klarifikasi kisah KKN Desa Penari. Foto ini adalah foto rowo bayu yang sebenarnya bukan tempat yg saya ceritakan. bukan.

Foto ini saya ambil dari google atas saran narasumber yg ingin menggambarkan Petilasan yg beliau ceritakan yg menyerupai rowo bayu ini, karena narsum pernah juga ketempat ini." tulis @SimpleM81378523. Rowo Bayu sebenarnya merupakan satu tempat wisata di Banyuwangi. Tepatnya di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Rowo Bayu berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Penasaran seperti apa telaga Rowo Bayu yang dikaitkan dengan kisah KKN Desa Penari? Seperti yang traveler ketahui, telaga Rowo Bayu merupakan satu tempat wisata di Banyuwangi yang memiliki suasana tenang dan damai.

Ini dikarenakan banyak pepohonan rimbun yang tumbuh subur di sekitar telaga Rowo Bayu. Masih di kawasan Rowo Bayu terdapat sebuah situs petilasan yang dipercaya sebagai tempat bertapa Sang Prabu Tawang Alun. Prabu Tawang Alun ini dikenal sebagai pangeran yang religius serta paling berjaya di masa Kerajaan Blambangan.

Masih berada di lokasi yang sama dengan situs petilasan Prabu Tawang Alun terdapat sebuah Pelinggih. Pelinggih dalam bahasa Jawa berarti tempat duduk ini merupakan tempat dewata turun. Salah satu sumber mata air di Rowo Bayu ini sering disebut dengan nama sumber kaputren.

Sumber ini dipercaya oleh masyarakat sekitar mengalirkan air yang menjadi rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Juga dipercaya dapat meningkatkan wibawa serta mendekatkan jodoh bagi siapapun yg membasuh muka di mata air ini. Di Rowo Bayu terdapat sebuah sumber mata air lainnya yang dikenal dengan nama Sumber Kamulyan.

Di Rowo Bayu traveler bisa menemukan pepohonan hijau yang tumbuh sumbur. Karena areanya yang masih asri, dengan pemandangan alam yang luar biasa membuat Rowo Bayu sering dijadikan lokasi untuk foto prewedding.

Load More Related Articles
Load More In Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 Kota Ini Dinobatkan Sebagai Kota Paling Ramah Sepeda di Dunia

Sepeda sempat menjadi tren di Indonesia saat pembatasan perjalanan karena Covid 19. Kebias…