Home Kesehatan Ini Penjelasannya Menurut Dokter Obat Diabetes Sebaiknya Diminum Sebelum Makan

Ini Penjelasannya Menurut Dokter Obat Diabetes Sebaiknya Diminum Sebelum Makan

2 min read
0
0
0

Penderita diabetes memiliki jenis obat tertentu yang harus rutin dikonsumsi untuk menjaga gula darah di dalam tubuh supaya tetap dalam keadaan normal. Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Dante Saksono Sp.PD menjelaskan bagi penderita diabetes biasanya dokter menyarankan meminum obat sebelun makan. Tujuannya supaya obat terserap dulu ke dalam seluruh peredaran darah sehingga mencegah gula darah naik dengan cepat setelah makan.

"Diharapkan setelah minum obat dan sudah terserap maka gula darahnya akan turun ketika makan," ungkap dr. Dante saat live bersama Diabetasol, Jumat (10/7/2020). Mengingat diabetes bisa menimbulkan banyak komplikasi penyakit terkait peredaran darah, dr. Dante mengingatkan penderita diabetes jangan menunda minum obat takutnya malah jadi kelupaan minum obat. "Karena obat diabetes seumur hidup, langsung sebelum makan, enggak perlu nunggu setengah jam dulu deh, nanti keburu lupa minum nanti bisa juga gula darahnya turun drop," kata dr. Dante.

Dr. Dante mengingatkan sebenarnya obat apapun akan lebih mudah diserap oleh tubuh kandungannya kalau perut belum terisi makanan. Namun ada juga kandungan obat yang berefek pada bagian lambung sehingga banyak juga obat obatan yang disarankan dokter dikonsumsi setelah makan. "Ada obat yang kalau diminum mengganggu lambung makanya harus diminum setelah makan. Tetapi secara farmakinetik obat lebih efektif kalau diminum sebelum makan," kata dr. Dante.

Load More Related Articles
Load More In Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ada Serangga 12 Makanan & Minuman yang Jarang Diketahui Padahal Berkhasiat Tinggi bagi Tubuh

Pakar kesehatan sering merekomendasikan makanan seperti sayuran hijau sebagai pensuplai nu…