Home Metropolitan Ini Lo Triknya Tapi Perhatikan Cara Memasaknya Manfaat Kesehatan di Balik Nasi Sisa Kemarin

Ini Lo Triknya Tapi Perhatikan Cara Memasaknya Manfaat Kesehatan di Balik Nasi Sisa Kemarin

2 min read
0
0
3

Sayang rasanya jika kita harus membuang makanan yang belum habis saat makan malam, apalagi jika makanan tersebut masih bisa dihangatkan dan dikonsumsi pada keesokan harinya. Karenanya, banyak orang Indonesia yang suka makan nasi sisa kemarin. Nasi tersebut dihangatkan kembali atau paling sering dibuat nasi goreng.

Tindakan tersebut bukan hanya bagian dari sifat berhemat, melainkan, ternyata, memiliki manfaat kesehatan. Pasalnya, reaksi zat zat kimia yang terjadi saat makanan itu disimpan semalaman ternyata punya banyak manfaat positif. Yuk, cari tahu lebih lengkapnya.

Nasi sisa kemarin ternyata terbukti punya kandungan kalori 60 persen lebih sedikit dibandingkan dengan nasi yang baru matang. Namun, jika kita ingin mengonsumsi nasi kemarin, kita tetap perlu memasaknya dengan benar. Salah satu cara menanak nasi yang dianjurkan adalah menambahkan sedikit minyak kelapa setelah air mendidih sebelum beras dimasukkan dalam panci.

Setelah matang dan dingin, masukkan nasi ke dalam kulkas selama 12 jam. Jika nasi yang baru matang langsung dimakan, pati akan diubah menjadi gula atau glukosa oleh tubuh. Glukosa ini jika tidak langsung dibakar akan disimpan sebagai lemak.

Sementara itu, jika nasi didiamkan semalaman, pati akan diubah menjadi pati resistan yang tidak bisa dicerna tubuh. Ini berarti kalori tidak akan bertambah.

Load More Related Articles
Load More In Metropolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wakil Wali Kota Jakpus Datangi Wisma Antara Lima Pegawai Kantor Berita Antara Positif Covid-19

Peninjauan di lantai 19 dan 20 gedung tersebut karena adalima pegawai Kantor Berita Antara…