Home Travel Ini 7 Fakta Kursi Pesawat yang wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat

Ini 7 Fakta Kursi Pesawat yang wajib Kamu Ketahui Sebelum Naik Pesawat

5 min read
0
0
3

Sering bingung memilih tempat duduk ketika web check in pesawat? Masing masingorang punya referensi sendiri sendiri mana tempat duduk yang tepat saat naik pesawat. Ada yang suka di depan karena supaya cepat keluar pesawat ketika sampai, ada yang suka di tengah, dan ada pula yang di belakang.

Atau, pilihannya apakah di kursi dekat jendela atau mungkin di dekat pintu darurat. Sebelum memilih kursi yang tepat, berikut beberapa fakta tempat duduk di pesawat yang harus traveler ketahui: Menurut FAA (Federal Aviation Administration), lembaga regulator penerbangan sipil di Amerika Serikat, berdasarkan penelitian terhadap kecelakaan yang pernah terjadi, kursi di bagian belakang lebih aman karena memiliki tingkat bahaya yang lebih rendah dibandingkan kursi bagian depan.

Hasil penelitian sejalan denganPopular Mechanics yang menyatakan kursi bagian belakang paling aman. Hal ini berdasarkan penelitian terhadap kecelakaan pesawat komersial di Amerika Serikat. Tingkat keamanan paling rendah justru kursi bagian depan. Dikutip dari Huffington Post, penyelidikan yang dilakukan kedua lembaga ini bertentangan dengan pendapat produsen pesawat terbang:

Situs Boeing mengatakan bahwa kursi semua sama amannya dengan yang lain. Sebuah studi dari maskapai penerbangan berbiaya rendah, EasyJets, mengklaim kursi terbaik untuk duduk adalah nomor 7F. Menurut catatan EasyJets, kursi 7F selalu habis terjual.

Namun, hasil studi EasyJets berlainan dengan survei dari Skyscanner yang mengklaim kursi nomor 6A adalah kursi terbaik berdasarkan polling wisatawan. Untuk penerbangan yang lebih "halus", pilih kursi setelah sayap pesawat. Pesawat berbadan besar bisa menahan goncangan ketika menghadapi gelombang udara.

Namun, baik pesawat kecil maupun besar, jika ingin merasakan minimnya goncangan, duduklah setelah sayap pesawat. President, CEO and Co Founder Aviation Medicine Advisory Service,Dr. Quay Snyder mengatakan, bagian depan dan belakang pesawat cenderung melambung dibandingkan kursi setelah sayap pesawat. Untuk penerbangan yang tenang, pilihlah kursi di bagian depan kabin pesawat.

Untuk menghindari kebisingan mesin sehingga tidur kamu tidak terganggu, pilihlah tempat duduk di bagian depan kabin pesawat. Posisi di bagian depan kabin pesawat mungkin akan bisa mendengarkan awak kabin mengobrol. Namun dengan duduk di bagian depan kabin, kamu telah berada agak jauh dari mesin.

Maka tak heran bila tempat duduk bisnis dan first class sebuahmaskapaiberada di depan, bukan di belakang. Tempat duduk terbaik untuk tidur adalah di dekat jendela di sisi kiri pesawat bagian tengah. Kamu tak akan terganggu suara suara dari kamar mandi atau dapur pesawat.

Hampir semuamaskapaidi dunia kecualimaskapaiasal Inggris, sesuai aturan penyimpanan barang di bagasi kabin di mulai dari belakang ke depan. Hal ini terlihat dari urutan pertama kali masuk pesawat yang mendahulukan penumpang dengan nomor tempat duduk di belakang. Nah, jika kamu duduk di belakang, kamu akan berkesempatan mendapatkan tempat penyimpanan barang di bagasi kabin.

Dalam keadaan darurat, penumpang akan diarahkan ke pintu darurat di bagian kiri badan pesawat. Supaya keluar lebih cepat dari pesawat, pilihlah duduk di sisi kiri pesawat.

Load More Related Articles
Load More In Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 Kota Ini Dinobatkan Sebagai Kota Paling Ramah Sepeda di Dunia

Sepeda sempat menjadi tren di Indonesia saat pembatasan perjalanan karena Covid 19. Kebias…