Home Otomotif Hari Terakhir Touring Keliling Kota Mampir menuju Dua Bengkel Motor Custom Tenar di LA

Hari Terakhir Touring Keliling Kota Mampir menuju Dua Bengkel Motor Custom Tenar di LA

5 min read
0
0
1

– Selain menyambangi landmark populer dan tempat tempat legendaris, selama perjalanan touring ke Los Angeles, AS, rombongan builder Indonesia juga sempat menyambangi dua bengkel builder motor custom terkenal di kota ini. Masing masing adalahChabbott Engineering dan Powerplant Motorcycles. Kunjungan ke dua bengkel ini dilakukan setelah rombongan yang dibawa tim SUryanation Motorland ini menyambangi Mooneyes Company dan Chopper Dave’s yang juga masih berada di kawasan pantai barat AS.

Chabbott Engineering dibangun pada 2006 oleh Shinya Kimura. Shinya merupakan salah satubuilderasal Jepang yang kemudian mulai merintis usahaworkshop nya di Amerika Serikat. Saat menyambut rombongan builder Indonesia, dia mengajak berkelilingworkshopsambil berbincang akrab dan bertukar pikiran mengenai dunia custom. Shinya menceritakan alasannya pindah ke Los Angeles karena sudah terlalu banyak mekanik bekerja di bengkelnya di Jepang.

Ia mengaku lebih suka bekerja sendiri demi menjaga kualitas motor garapannya, meski harus mengorbankan kuantitas. Ia membutuhkan sekitar satu tahun untuk membangun satu motor. "Sebagaibuilder, kita harus yakin dengan kemampuan dan karya yang kita buat. Konsistensi terhadap kualitas juga merupakan salah satu kunci yang paling terpenting untuk bertahan di industri ini," ujar Shinya. Lufti Ardika, pemenang Suryanation Motorland Battle Surabaya mengaku sangat terkesan setelah mendapatkan banyak wawasan baru tentang dunia motor custom dari Shinya.

“Bertemu dia merupakan kesempatan langka. Kami berdiskusi mengenai dunia custom, dedikasinya, dan karya karyanya yang keren," ujarnya. Rombongan kemudian menyambangi Powerplant Motorcycles, sebuah bengkel motor custom yang dirintis Yaniv Evan sejak 2002. Motor garapan Yaniv Evan banyak dipengaruhi kultur hot rod dan dunia penerbangan. Yaniv mencoba membuat segalapartuntuk motor dengan tangannya sendiri (hand made), mulai dari frame, sistem rem, sampaipartmesinnya.

Builder Indonesia yang ikut serta di rombongan ini, Komang Gede Santana sempat diajak Yaniv untukridingdi sekitarworkshopsekaligus mencoba motor buatannya. “Seru sekali bisa mencoba motor garapan Yaniv yang sangat rapi dan detail ini. Ia bahkan membuat sendiri sebagian besarpartuntuk motornya," ujar Komang. Komang mengaku dari kunjungan ini dia bisa banyak belajar mengenai teknik yang ia gunakan sehingga bisa membantunya membuat motor setelah kembali ke Indonesia.

Hari terakhir perjalanan tim Surnayation Motorland diisi dengan menjelajah kota Los Angeles denganriding motor dimulai di EagleRider. Mereka mendapatkan briefing dari Bucek selakuroad captaintimridingSuryanation Motorland di Amerika Serikat, tentangsafety ridingdan rute yang akan dilewati. Setelah mampir sebentar dilandmarkpopuler, yaitu Hollywood Sign, mereka melewati Mulholland Drive yang menyajikan pemandangan menakjubkan.

Rombongan bisa melihat Los Angeles Basin dan San Francisco Valley dari jalan tersebut. Tak ketinggalan rumah rumah mewah yang berjejer di sepanjang jalan, beberapa di antaranya milik selebritis Hollywood. Pemberhentian berikutnya adalah Neptune’s Net, sebuah restoran seafoodbersejarah yang dibangun pada 1956 oleh pensiunan astronot NASA, Eastman Jacobs sekaligus untuk makan siang. Lokasi ini pernah menjadi lokasi pengambilan gambar beberapa film seperti Point Break, Fast and Furious, dan Iron Man 3.

Rombongan kemudian kembali ke EagleRider dengan jalur berbeda. Kali ini mereka melewati Pacific Coast Highway dan Santa Monica Pier yang legendaris. “Buat saya, perjalanan ini sangat berkesan. Tidak semua orang mendapatkan kesempatan langka ini,” ujar Budi Kurniawan, pemenang Suryanation Motorland Battle Medan. Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee mengatakan, salah satu misi Suryanation Motorland adalah mendukung parabuilderIndonesia dan memperkayacustom scenedi tanah air.

"Diharapkan rangkaian perjalanan ke Amerika Serikat ini bisa menambah inspirasibuilderIndonesia yang diwakili oleh para pemenang Suryanation Motorland Battle 2019,” ujarnya.

Load More Related Articles
Load More In Otomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Nissan Kicks e-POWER Diluncurkan di Indonesia Pada 2 September Catat

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akan meluncurkan mobil terbaru mereka, Nissan Kicks e POWE…