Home Techno Fitur Ray Tracing Membuat Semua Tampak Nyata Keunggulan PlayStation 5 (PS5) Diungkap Sony

Fitur Ray Tracing Membuat Semua Tampak Nyata Keunggulan PlayStation 5 (PS5) Diungkap Sony

5 min read
0
0
4

Lead System Architect of Playstation 5 , Mark Cerny membeberkan detail dan spesifikasi PlayStation 5 melalui laman YouTube PlayStation. Mark Cerny mengungkap banyak detail spesifikasi di balik komponen teknis dan perangkat keras pada PlayStation 5 (PS5). Sementara harga PlayStation 5 tidak disebutkan dalam kesempatan itu.

Melansir Playstation.com, Jumat (20/3/2020) PS5 akan hadir pada musim liburan tahun ini. Satu fitur unggulan PS5, Ray Tracing juga diungkapkan oleh Mark Cerny. PS5 akan ditenagai SSD berkecepatan sangat tinggi.

Selain itu, dengan sistem I/O kustom terintegrasi, GPU AMD kustom dengan pelacakan sinar dan audio 3D yang sangat mendalam. Kemampuan ini, PS5 akan memungkinkan bagi pengembang untuk memaksimalkan kreativitas mereka, membangun dunia yang luas, dan membangun pengalaman bermain baru dalam game. Penggunaan SSD berkecepatan sangat tinggi PS5 dan sistem I/O kustom terintegrasi dikembangkan dengan tujuan menghilangkan hambatan untuk bermain, khususnya ketika memuat layar.

Fokus pada peningkatan kecepatan ini, pengembang diberi kesempatan untuk menciptakan dunia yang lebih besar. Lebih kaya tanpa batasan tradisional, seperti waktu buka, dan memungkinkan gamer menghabiskan lebih banyak waktu bermain game daripada menunggu (loading). Melansir Kompas.com, solid state drive (SSD) sebagai media penyimpanan memiliki kecepatan baca dan tulis lebih cepat dibanding hard disk drive (HDD).

Selain itu, Mark Cerny juga mengenalkan GPU khusus PS5. GPU terbaru ini dapat menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan konsol sebelumnya. Selain itu, PS5 akan memiliki fitur utama yang akan mendukung visualisasi permain lebih baik yang dinamai Ray Tracing.

Fitur ray tracing mampu mensimulasikan cara cahaya bergerak dan memantul dalam kehidupan nyata ke dunia game. Game yang memanfaatkan fitur ini akan membuat objek jauh lebih akurat, serta realisme yang lebih tinggi. Air, kaca, pembiasan cahaya, rambut karakter dan sebagainya, akan terlihat lebih realistis.

PS5 juga menawarkan suara yang lebih tajam dengan digunakannya audio 3D. Meski dalam pengalaman permainan tampilan hal yang utama, Sony yakin bahwa audio juga memerankan peran penting. Sony ingin memberikan pengalaman audio yang menarik bagi semua pengguna, bukan hanya mereka yang memiliki sistem speaker kelas atas.

Hal tersebut yang mendasari Sony membangun mesin khusus untuk audio 3D yang dilengkapi dengan kekuatan dan efisiensi untuk rendering audio yang ideal. Dengan audio 3D pada PS5, suara yang terdengar saat bermain akan menawarkan rasa yang lebih besar akan keberadaan dan lokalitas. Bahkan pengguna akan mampu mendengarkan tetesan hujan yang menghantam permukaan.

Selain itu, pengguna dapat mendengar dan secara tepat menemukan di mana musuh bersembunyi di belakang. Mark menambahkan, fitur kompatibilitas mundur berfungsi dengan baik di PS5. Terdapat 100 judul game PS4 terbaik sudah bisa dimainkan di PS5.

Mark juga berharap agar semua game dapat dimainkan saat peluncuran PS5. X86 64 AMD Ryzen ™ "Zen 2" Cores / 16 Utas

Frekuensi variabel, hingga 3,5 GHz Mesin grafis berbasis AMD Radeon ™ RDNA 2 Akselerasi Tracing Ray

Frekuensi variabel, hingga 2,23 GHz (10,3 TFLOPS) GDDR6 16GB 448GB/s Bandwidth

825GB Bandwidth Baca 5.5GB/s (Raw) Ultra HD Blu ray, hingga 100GB / disc

Dukungan 4K 120Hz TV, 8K TV, VRR (ditentukan oleh HDMI ver.2.1) "Tempest" 3D AudioTech

Load More Related Articles
Load More In Techno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen atau Menonaktifkan Sementara dengan Mudah

Berikut cara mudah menghapus akun Instagram secara permanen (selamanya). Selain itu, dalam…