Home Techno Facebook & Instagram di Android & iOS Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode buat WhatsApp

Facebook & Instagram di Android & iOS Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode buat WhatsApp

6 min read
0
0
5

Tren mode gelap atau dark mode sudah menjamah ke berbagai aplikasi. Mulai dariWhatsApp, Instagram, hingga Facebook. Penelitian membuktikan bahwa fitur dark mode bisa menghemat daya perangkat.

Hal ini dikarenakan warna piksel memiliki korelasi pada penggunaan daya. Piksel yang lebih gelap menggunakan energi yang jauh lebih sedikit daripada yang lebih terang. Selain itu, dark mode sangat membantu pengguna sosial media yang suka bermain ponsel sebelum tidur.

Meski begitu, para peneliti tidak bisa memastikan apakah cahaya biru terang benar benar memiliki efek negatif pada pola tidur atau tidak. Namun, cahaya putih tentu bisa membuat mata sulit menatap layar di malam hari. Lantas bagaimana cara mengaktifkan dark mode?

WhatsApp resmi mengumumkan fitur terbaru untuk iOs dan Android pada Selasa (3/3/2020) lalu. Dikutip dari , fitur ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna Android 9 dan iOS 13 saja. Berikut ini cara untuk mengaktifkan dark mode di Android9 dan iOS 13.

Dark Mode pada Android 10 dan iOS 13 1. Buka aplikasi WhatsApp pastikanmu sudah memiliki dan menginstal aplikasi WhatsApp terbaru. 2. Kemudian pilih menu 'display'.

3. Setelah itu pilih 'brightness'. 4. Kemudian pilih dark mode menjadi 'on' Untuk mengembalikan tema ke warna tema yang terang Anda hanya cukup mengembalikan dark mode menjadi 'off'.

Sementara itu, untuk versi Android 9 ke bawah bisa menggunakan cara berikut ini. 1. Buka aplikasi WhatsApp pastikan Anda sudah memiliki dan menginstal aplikasi WhatsApp terbaru. 2. Setelah itu pilih 'Setelan WhatsApp' atau 'setting'.

3. Kemudian pilih menu 'Chat' atau 'obrolan'. 4. Terakhir Anda akan diberikan pilihan 'Them' atau 'Tema'. 5. Kemudian Anda bisa memilih tema 'Dark' atau 'Gelap'.

Cara mengaktifkan tampilan serba hitam di WhatsApp (Kompas.com/Bill Clinten) Instagram resmi merilis 'dark mode' atau mode gelap untuk pengguna iPhone iOS 13. Sebelumnya fitur ini hanya tersedia bagi pengguna versi beta saja.

Dilansir Kompas.com, mode gelap ini tersedia pada pembaruan Instagram versi 114.0 di perangkat Android maupun iOS. Untuk perangkat iOS perangkat harus sudah menjalankan versi 13, sedangkan untuk Android pada versi 10. Namun pada beberapa kasus Android versi 9 juga bisa menggunakan mode gelap ini.

Kekurangannya, pada mode gelap ini tidak memiliki tombol khusus di dalam aplikasi. Sehingga untuk menonaktifkannya harus secara manual dan akan mengikuti pengaturan layar yang ada di perangkat secara otomatis. Dilansir dari laman yang sama, untuk mengaktifkan mode ini tersedia pada menu 'Display & Brightness.'

Lalu pilih 'Dark' untuk mengaktifkan mode gelap. Selain cara itu, kamu juga bisa meminta bantuan dari asisten virtual siri untuk mengaktifkannya. Tak jauh berbeda dengan iOS, untuk perangkat Android kamu bisa mengaktifkan lewat pengaturan.

Pilih 'Display, lalu aktifkan tombol 'Night mode' atau 'Mode malam'. Seketika layarmu akan berubah menjadi gelap. Jika kamu sudah melakukan pengaturan mode gelap di ponselmu, kini bukalah aplikasi Instagram.

Pastikan Instagrammu sudah diperbarui ke versi terbaru. Secara otomatis, maka Instagram mu akan berubah ke mode gelap. Untuk mengaktifkan Google Chrome dark mode, pengguna harus terlebih dahulu memastikan mereka memiliki versi terbaru dari browser web.

Dikutip dari express.co.uk kamu bisa mengecek versi terbaru browser melalui 'menu utama', pilih 'bantuan' dan kemudian klik 'tentang Google Chrome'. Secara otomatis browser akan menemukan menginstal pembaruan yang tersedia. Selanjutnya ketik ' <a>chrome: // flags / # enable force dark</a> ' di kolom URL.

Ubah di kolom pertama, 'Force Dark Mode for Web Contents' dari default ke 'enabled'. Secara otomatis browser akan me reluch tampilan. Usahakan untuk menyimpan dahulu pekerjaanmu agar file tidak hilang.

Saat chrome dibuka kembali, secara otomatis browser akan berubah ke dalam dark mode, termasuk situs Facebook. Meski begitu, fitur ini memang belum sempurna. Masih ada bagian bagian berwarna putih dari gambar berubah menjadi hitam, tetapi umumnya bekerja dengan baik.

Untuk kembali ke versi sebelumnya, cukup kembali ke ke ' <a>chrome: // flags / # enable force dark</a> ' dan ubah pengaturan kembali ke default.

Load More Related Articles
Load More In Techno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen atau Menonaktifkan Sementara dengan Mudah

Berikut cara mudah menghapus akun Instagram secara permanen (selamanya). Selain itu, dalam…