Home Techno Durasi Penggunaan Earphone yang Tepat Agar Tidak Merusak Telinga

Durasi Penggunaan Earphone yang Tepat Agar Tidak Merusak Telinga

2 min read
0
0
3

Penggunaan headset, earphone, dan aksesoris elektronik lainnya untuk mendengarkan audio di smartphone yang berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan kuping. Dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT), Dokter Fikri Mirza Putranto, Sp.THT KL(K) menyebutkan, kerusakan telinga karena earphone masuknya ke gangguan pendengaran tipe saraf pada yang bukan disebabkan pekerjaan. Risiko dari gangguan pendengaran menurut dr. Fikri cukup bahaya karena bisa menimbulkan ketulian.

"Itu risiko tinggi untuk menyebabkan timbulnya kecacatan atau ketulian akibat gangguan saraf pendengaran," kata dr. Fikri saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Selasa (3/3/2020). Lalu bagaimana waktu yang tepat untuk penggunaan earphone? Pertama kata dr. Fikri menyebutkan penggunaan earphone yang baik ukuran volumenya 60 persen saja, jangan sampai full 100 persen.

Sementara waktu penggunaanya sebaiknya satu jam saja per hari. Kalau dengan volume 60 persen dengan membatasi satu jam perhari itu masih oke ya," kata dr. Fikri. Agar tidak perlu volumenya sampai 100 persen dan tetap bisa mendegar dengan jernih saat berada di tengah keramaian disarankan memilih earphone yang punya mekanisme Active Noise Control (ANC).

"Earphone yg tidak punya mekanisme noise canceling suara dari luar akan masuk ke dalam akibatnya secara tidak sengaja kita akan naikkan volume suara," ungkap dr. Fikri. Sementara itu efek gangguan pendengaran akibat penggunaan earphone yang salah memang tidak langsung bisa saja baru muncul lima sampai 10 tahun setelahnya. Lalu untuk proses penyembuhannya bisa dengan menggunakan alat bantu dengar atau pun tindakan medik dengan operasi.

"Terjadinya 5 tahun sampai 10 tahun yang akan datang karena proses akumulasi dari kegiatan yang menyebabkan penurunan tipe saraf," ucap dr. Fikri.

Load More Related Articles
Load More In Techno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen atau Menonaktifkan Sementara dengan Mudah

Berikut cara mudah menghapus akun Instagram secara permanen (selamanya). Selain itu, dalam…