Home Nasional Dinkes Akan Periksa Ketat Jika Berlabuh Kapal Pesiar MV Columbus Dijadwalkan Singgah di Semarang

Dinkes Akan Periksa Ketat Jika Berlabuh Kapal Pesiar MV Columbus Dijadwalkan Singgah di Semarang

1 min read
0
0
3

Kapal Pesiar MV Colombus dijadwalkan bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas dalam waktu dekat ini. Kapal ini sudah ditolak di Surabaya untuk mencegah corona. Sebelumnya, Kapal Pesiar MS Viking Sun ditolak untuk bersandar di Semarang.

Apakah MV Colombus akan ditolak lagi? Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, mengatakan setiap penumpang kapal internasional akan dilakukan pemeriksaan ketat dari beberapa institusi. "Sebenarnya, pemeriksaan cukup dilakukan di pelabuhan pertama kali saat di pintu masuk negara."

"Tapi, karena ada kasus global (corona) pemeriksaan dilakukan secara berlapis dari beberapa institusi," kata Yulianto, saat press conference di Semarang, Kamis (12/3/2020) malam. Beberapa pihak yang melakukan pemeriksaan yakni oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Bea Cukai, Kantor Kesyahbandaran atau KSOP, dan Imigrasi. "Empat institusi tersebut akan memeriksa dan memutuskan apakah kapal tersebut bisa masuk atau tidak," jelasnya.

Ia juga menegaskan kesepakatan tersebut diambil seusai pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan instansi tersebut serta pemerintah daerah.

Load More Related Articles
Load More In Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

78 Juta dari Global Climate Fund Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca Indonesia Terima RBP USD 103

Masih dalam suasana bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Indonesia mendapatkan pengakuan …