Home Kesehatan dari Beli Bunga buat Diri Sendiri hingga Cium Aroma Jeruk 25 Cara Mudah agar Hidupmu Lebih Bahagia

dari Beli Bunga buat Diri Sendiri hingga Cium Aroma Jeruk 25 Cara Mudah agar Hidupmu Lebih Bahagia

16 min read
0
0
6

Orang orang tampak menikmati kebahagiaan. Mereka tampaknya selalu tersenyum dan bersenang senang. Orang orang membiarkan emosi dan pengalaman negatif mengalir dalam diri mereka.

Jika kamu merasa orang yang tidak merasa bahagia dalam hidupmu, kamu dapat mengetahui caranya. Ilmu pengetahuan membuktikan, kamu memiliki kekuatan untuk mengubah pandangan hidupmu. Di bawah ini, ada 25 cara mudah agar kamu merasa lebih bahagia dalam hidup.

Berikut 25 cara mudah agar hidupmu lebih bahagia, dilansir Health.com : Memompa darah dapat melepaskan endorfin ke seluruh tubuhmu. Ini akan menciptakan perasaan bahagia yang memerangi suasana hati yang buruk.

Penelitian menunjukkan, olahraga dapat membantu meringankan gejala depresi. Lakuka aktivitas fisik apa pun lari, bersepeda dalam ruangan, yoga, atau menari yang dapat menghasilkan keringat. Bahkan, jalan cepat selama 20 30 menit pun akan membantu.

Ketika suasana hati sedang tak menentu, kamu mungkin ingin mengambil waktu sejenak. Yoga dapat membantu meringankan gejala depresi serta kecemasan. Kamu dapat memperlambat dan fokus pada pernapasanmu daripada merasa khawatir dan frustrasi.

Sayuran hijau gelap seperti bayam dan kangkung kaya akan folat, memberikan 33% dari tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA). Nutrisi ini dikaitkan dengan penurunan mood negatif dan depresi karena membantu menghasilkan dopamin di otak. Sebuah studi pada 2012 menemukan, orang paruh baya yang paling banyak mengonsumsi folat memiliki risiko lebih rendah mengalami gejala depresi daripada mereka yang makan paling sedikit.

Terapi perilaku kognitif (CBT) adalah pengobatan yang terbukti untuk depresi klinis dan gangguan kecemasan. Terapi ini juga dapat membantu siapa saja yang hanya perlu belajar cara memerangi pikiran negatif. CBT membantu pasien mengenali dan kemudian membalikkan pola pikir berbahaya dengan menguji validitasnya dan kemudian menggantinya dengan yang positif.

Alhasil, pasien menjadi lebih bahagia, lebih sehat, dan dalam suasana hati yang lebih baik. Sebuah tim peneliti Harvard menemukan, memiliki bunga segar di rumah dapat membuat orang lain terhindar dari kecemasan dan suasana hati yang negatif. Para responden penelitian juga merasa lebih berbelas kasih terhadap orang lain.

Mereka juga merasakan dorongan energi dan antusiasme di tempat kerja. Meskipun kamu mungkin berpikir tersenyum sebagai reaksi terhadap perasaan bahagia, beberapa peneliti menyarankan bahwa tersenyum juga dapat menyebabkan kegembiraan. Senyuman yang sederhana — bahkan jika kamu harus memaksakannya — membantu mengaktifkan pusat kebahagiaan di otak.

Hal itu membuatmu berada dalam suasana hati yang lebih baik. Terapi cahaya adalah pengobatan yang efektif untuk gangguan afektif musiman (SAD). Namun, para ahli sepakat bahwa itu juga berfungsi untuk mengobati gejala gejala gangguan depresi mayor.

Ketika suasana hatimu sedang buruk, kamu dapat menyalakan kotak lampu selama 30 menit hingga satu jam. Untuk merasakan efek penuhnya, gunakan kotak lampu sebagai bagian dari rutinitas terapi harian. Jika kamu tidak punya kotak lampu, ada cara sederhana lain untuk mencerahkan suasana hatimu.

Cukup buka gorden ruangan di mana kamu berada. Saat ruang kerja atau ruang tamu lebih cerah, kamu akan merasa lebih bahagia. Mulai merasa sedih?

Pergilah ke luar untuk menikmati sinar matahari. Tubuh manusia menghasilkan vitamin D ketika terpapar sinar matahari. Penelitian menunjukkan, orang yang kekurangan vitamin lebih cenderung mengalami depresi, cemas, dan lelah.

Pastikan dirimu terpapar sinar matahari selama 20 25 menit untuk meringankan suasana hati secara alami. Jamur adalah satu satunya sumber tanaman vitamin D alami. Makanan yang mengandung vitamin D meningkatkan serotonin di otak, membuatmu dalam suasana hati yang lebih baik.

Sangat mudah untuk menambah asupan vitamin D. Caranya, masak jamur dan jadikan isi omelet sarapanmu atau salad saat makan siang. Meditasi adalah penghilang stres yang terbukti tanpa efek samping berbahaya.

Penelitian telah menunjukkan, meditasi dapat mengurangi rasa sakit dan menurunkan tekanan darah hingga meningkatkan libido. Meditasi juga melepaskan zat kimia "bahagia" di otak, yaitu serotonin, dopamin, dan endorfin. Mereka semua bekerja bersama untuk membuatmu dalam suasana hati yang lebih baik.

Jika kamu tidak tahu harus mulai dari mana, cobalah berguru meditasi untuk menghilangkan stres atau memulai pagimu. Aroma sitrus, seperti jeruk, lemon, dan anggur memunculkan reaksi kimia positif di otak. Selain itu, mencium aroma jeruk berfungsi untuk meredakan stres.

Jika kamu ingin merasa tubuhmu ringan, gunakan beberapa tetes minyak esensial jeruk pada titik titik stresmu. Kamu juga dapat mencampurnya dengan aroma bunga seperti melati untuk meningkatkan efek positif. Makan karbohidrat di sore hari dapat membuatmu lebih bahagia dan berenergi.

Selama bertahun tahun, karbohidrat dianggap sebagai momok. Namun, dalam kenyataannya, diet rendah karbohidrat dapat membuat kita merasa sedih dan stres. Karbohidrat sebenarnya meningkatkan bahan kimia penambah suasana hati di otak.

Oleh karena itu, kamu perlu makan sumber sumber gandum yang sehat dan bukan karbohidrat olahan untuk mendapatkan manfaatnya. Ketika kamu mulai merasa sedih, cobalah camilan sore yang terdiri atas 25 30 gram karbohidrat, seperti tiga perempat cangkir porsi Cheerios. Memiliki anjing atau kucing dapat sangat meningkatkan kualitas hidupmu.

Kegembiraan mereka saat melihatmu pulang dan kesetiaan mereka yang teguh menjadikan mereka teman yang hebat. Ada beberapa alasan mengapa hewan peliharaan meningkatkan kesehatan dan dapat mengubah suasana hati yang buruk menjadi lebih bahagia dalam waktu singkat. Sebuah penelitian menemukan, mengelus anjing hanya selama 15 menit melepaskan serotonin, prolaktin, dan oksitosin.

Semua itu merupakan hormon peningkat suasana hati, sekaligus menurunkan hormon stres kortisol. Penelitian menunjukkan, orang orang yang menggunakan waktu istirahat selama hari kerja untuk menonton video lucu online memiliki hasil emosional yang tinggi. Mereka merasa lebih energik dan bahagia, emosi negatif pun menjadi lebih sedikit.

Ini tidak hanya akan meningkatkan kesehatan mentalmu secara keseluruhan. Cara ini adalah cara mudah untuk mengubah suasana hati yang buruk dalam waktu kurang dari satu menit. Tak hanya itu, metabolisme juga akan meningkat.

Senyawa aktif dalam kunyit, kurkumin, memiliki sifat antidepresan alami. Secara umum, kunyit memiliki beberapa manfaat, seperti mengurangi efek rheumatoid arthritis, osteoarthritis, dan kondisi peradangan lainnya, serta memerangi penyakit Alzheimer dan diabetes. Penelitian pada hewan juga mengaitkan curcumin dengan peningkatan serotonin dan dopamin,.

Jadi, kunyit adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan suasana hatimu. Pernahkah kamu mendengar lagu di radio yang terasa enak didengar? Atau apakah kamu menyalakan CD dalam waktu yang lama hanya untuk mengingat kembali kenangan masa lalu?

Itu merupakan fakta bahwa musik adalah penguat suasana hati. Musik melepaskan dopamin kimia ke dalam sistem yang dapat membuatmu merasa baik dan membawa nostalgia. Kamu juga bisa bahagia dengan bernyanyi.

Peneliti University of Manchester menemukan, organ kecil di telinga bagian dalam (sacculus) terhubung ke bagian otak yang mencatat kesenangan. Sacculus mencatat frekuensi yang berhubungan dengan bernyanyi hampir secara instan. Hal itu memberimu perasaan hangat dan tidak dapat dijelaskan.

Jadi, silakan bernyanyi di kamar mandi, di mobil atau karaokean bersama teman temanmu. Cokelat membuat kita lebih bahagia. Cokelat mengandung triptofan, yang meningkatkan produksi serotonin di otak.

Suasana hati akan menjadi lebih baik. Kamu juga dapat makan makanan lain yang mengandung triptofan, seperti unggas dan telur. Dorongan energi pagi berlipat ganda saat suasana hati membaik.

Sebuah studi dari Universitas Harvard menemukan, wanita yang minum setidaknya dua cangkir kopi secara teratur berisiko 15% lebih rendah mengalami depresi daripada wanita yang tidak. Hanya perlu diingat bahwa kopi dapat memiliki banyak gula dan kalori tersembunyi. Jadi, tetap gunakan kopi hitam dan beberapa susu skim jika perlu.

Teh hijau telah memiliki riwayat manfaat kesehatan yang mengesankan. Berkat polifenol yang dikandungnya, teh hijau membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme, serta memberikan pengurangan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kanker tertentu, dan osteoporosis. Selain itu, teh hijau telah terbukti mengurangi tingkat stres.

Sebuah penelitian menemukan, orang yang minum lima cangkir teh hijau atau lebih per hari memiliki tingkat stres 20% lebih rendah daripada mereka yang minum kurang dari satu. Letakkan ponselmu dan mundur selangkah dari layar komputermu. Jika kamu ingin lebih bahagia, kunjungi teman atau anggota keluargamu.

Sebuah studi dari University of North Carolina di Chapel Hill menemukan, sentuhan manusia melepaskan zat zat kimia yang terasa enak seperti serotonin. Selain itu, sentuhan manusia juga mengurangi tekanan darah dan detak jantung. Kamu akan merasa lebih rileks.

Salah satu buah yang mengandung lemak sehat adalah alpukat. Tak hanya rasa yang kaya dan tekstur yang halus, alpukat dapat mempengaruhi suasana hati positif. Penelitian menunjukkan, kandungan lemak pada alpukat adalah alasannya.

Lemak memperlambat pencernaan dan menormalkan kadar gula darah, sehingga kamu dapat merasa tenang dan puas. Jadi, makan dan manjakan dirimu dengan alpukat atau kacang, jika kamu merasa cemas. Ikan berlemak seperti salmon kaya akan asam lemak omega 3.

Kandungan ini dapat membantu mencegah depresi. Omega 3 juga terdapat dalam alpukat dan kacang kacangan, serta daging sapi dan ayam yang diberi makan rumput. Ini membantu menjaga fungsi otak di area yang mengatur suasana hati dan emosi.

Sebuah penelitian menemukan, wanita yang memakan ikan dua kali seminggu memiliki risiko depresi 25% lebih rendah daripada wanita yang jarang makan. Jika kamu tidak suka makan ikan, cobalah mengonsumsi suplemen minyak ikan omega 3 sebagai gantinya. Suplemen herbal ini adalah salah satu suplemen herbal yang paling banyak dipelajari terkait depresi.

Penelitian menunjukkan, suplemen ini bermanfaat sebagai antidepresan untuk mengobati depresi ringan. St. John's wort juga dapat mengurangi keefektifan pengendalian kelahiran. Meskipun berbahan herbal, suplemen ini juga bisa berakibat serius.

Jika diminum bersamaan dengan antidepresan, St. John's wort dapat membuat tingkat serotonin yang terlalu tinggi, yang dapat menyebabkan masalah jantung. Jadi, sebelum kamu mencoba suplemen ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Load More Related Articles
Load More In Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ada Serangga 12 Makanan & Minuman yang Jarang Diketahui Padahal Berkhasiat Tinggi bagi Tubuh

Pakar kesehatan sering merekomendasikan makanan seperti sayuran hijau sebagai pensuplai nu…