Home Seleb Chaca Frederica Ingat Semangat Ria Irawan Lawan Kanker

Chaca Frederica Ingat Semangat Ria Irawan Lawan Kanker

10 min read
0
0
6

Aktris, Chaca Frederica melayat ke kediaman Ria Irawan di Jalan Anggrek Lestari, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Menurut Chaca, Ria merupakan sosok aktris yang kuat dan selalu berpikir positif. Aktris senior yang telah malang melintang, lanjut Chaca, kuat saat menjalani proses penyembuhan atas penyakit yang dideritanya.

"Tante Irawan itu sosok yang sangat kuat, selalu positif thinking. Selalu menunjukkan bahwa kita tuh selalu punya semangat," katanya. "Yang namanya penyakit tuh dilawan yang namanya penyakit itu ya memang enggak bisa milih kita dapat penyakit apa. Tapi kita bisa milih kita mau semangat hidup atau tidak. Jadi spiritnya Tante Ria yang sangat luar biasa begitu," kata Chaca Frederica kepada Wartawan di kediaman Ria Irawan pada Senin (6/1/2020). Sebelumnya, aktris tanah air, Ria Irawan menghembuskan nafas terakhir sekira pukul 04.00 pada Senin (6/1/2020).

Ria tutup usia di Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo, Jakarta Pusat. Suasana berkabung menyelimuti kediaman mendiang Chandra Ariati Dewi atau dikenal dengan nama Ria Irawan. Tak jauh dari kediaman Ria, akses jalan ditutup.

Tampak sejumlah bendera kuning terpasang di sekitar rumahnya. Karangan bunga duka cita juga terpajang di kediaman rumahnya. Di antaranya berasal dari Hilmar Farid, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, dan Keluarga Besar Studio Persari Film.

Kalangan aktris dan aktor ternama turut melayat di antaranya Tio Pakusadewo, Ira Maya Sopha dan Chica Koeswoyo. Sebelumnya, aktris tanah air, Ria Irawan menghembuskan nafas terakhir sekira pukul 04.00 pada Senin (6/1/2020). Ria tutup usia di Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo, Jakarta Pusat.

Postingan terakhir sang suami sebelum Ria Irawan meninggal dunia Pemberitaan artis Ria Irawan meninggal dunia membuat sosok suaminya Mayky Wongkar, ikut tersorot. Termasuk postingan terakhir Mayky Wongkar di Instagram yang diunggah beberapa hari sebelum istrinya, Ria Irawan meninggal dunia.

Kini, postingan itupun banjir ucapan duka seiring kepergian Ria Irawan untuk selama selamanya. Ria Irawan meninggal dunia pada hari ini, Senin (6/1/2020), sekitar pukul 04.00 WIB, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Kabar berpulangnya Ria Irawan disampaikan suaminya, Mayky Wongkar, Senin pagi.

"Iya benar. Meninggal jam 4 subuh. Memang sudah kritis," kata Mayky. Ria Irawan berpulang setelah selama 10 tahun terakhir berjuang melawan kanker getah bening yang dideritanya. Bungsu dari pasangan aktor dan aktris lawas Bambang Irawan Ade Irawan ini mengembuskan nafas terakhir pada usia 50 tahun.

Selama berjuang melawan kanker, Ria Irawan tampak terus didampingi oleh suaminya Mayky Wongkar. Ria Irawan memang kerap membagikan momen kesehariannya melalui foto atau video di Instagram. Mulai saat di rumah hingga ketika dirawat di rumah sakit.

Mayky Wongkar setia mendampingi istrinya yang tampak ceria meski sakit, dan ikut membantu mendokumentasikan berbagai momen. Itu tak luput terlihat di akun Instagramnya sendiri, @mayk_wongkar. Empat hari lalu, Mayky Wongkar mengunggah sebuah video.

Mayky Wongkar memang sering mengunggah foto foto pemandangan alam. Video itu, terlihat deburan ombak kecil di sebuah laut. Pemandangan suasana yang redup karena cahaya matahari yang entah menghilang atau mulai muncul terlihat dalam video.

Namun kini, saat berita Ria Irawan meninggal dunia merebak, postingan video itu banjir ucapan duka. Imelda_akmal: Turut berduka cita atas kepergian almh Ria Irawan… Seorang aktris kawakan yang mendedikasikan dirinya untuk dunia perfileman dari kecil hingga sejauh masa hidupnya… sangat kehilangan Eve_wdhyt: Innalillahi wainna ilaihi rojiun… semoga alm Ria Irawan ditempatkan di.surga Mu ya Allah .. aamiin yra

Pritagitaarianegara: Turut berduka cita Mayk Iik_anastasiaL Turut berduka cita RIP mbk Ria Bambang_sulistiyono86: Turut berduka cita.

Mama3r: Innalillahi wa innaillaihi rojiun.. turut berduka cita buat uni ya @mayk_wongkar Nun.puri: Turut berduka ya Mas RIP Mbak Ria Gumira271: Innalillahi wa inna ilaihi rojiun…turut berduka Mas

Ria Irawan divonis kanker pada 2009 Ria Irawan divonis mengidap kanker getah bening sejak tahun 2009 dan harus menjalani sejumlah tahap pengobatan termasuk kemoterapi. Sebagai efek dari pengobatan yang dijalaninya, rambut Ria rontok.

Meski demikian, Ria selalu berbagi semangatnya dalam melawan penyakitnya. Melalui akun Instagram nya, @riairawan, Ria membagikan proses pengobatan yang dijalaninya. Ria sempat menceritakan riwayat kanker yang menyerang tubuhnya.

Pada 2009, ia pertama kali mengetahui terdapat miom di dalam rahimnya. Hanya saja, saat itu ia menghindari untuk dilakukan operasi pengangkatan rahim. Hingga akhirnya ia memutuskan menjalani operasi pengangkatan rahim pada 30 September 2014.

Keputusan ini diambil setelah ia didiagnosis menderita kanker endometrium atau kanker dinding rahim. Dari tindakan medis yang dilakukan itu, diketahui bahwa sel kanker yang ada di tubuh Ria sudah menjalar ke kelenjar getah bening di area panggul. Meski telah divonis mengidap salah satu penyakit kanker yang terkenal mematikan, Ria Irawan tetap menjaga semangatnya dan yakin dapat bertahan dalam waktu yang cukup panjang.

Tak hanya untuk dirinya, Ria dikenal aktif memberikan semangat dan dukungan kepada sesama survivor yang tengah berjuang sembuh. Disiplin mengikuti proses pengobatan dan penyembuhan, Ria sempat dinyatakan bebas dari kanker yang diidapnya pada 2014. Namun, selang sekian tahun, pada pertengahan 2019 kanker diketahui sudah menjalar ke organ paru paru hingga otak.

Ia pun kembali bolak balik ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan. Hal seperti ini bisa saja terjadi pada pengidap kanker yang sudah dinyatakan sembuh karena terdapat sel kanker yang tertinggal saat menjalani kemoterapi dan kembali berkembang biak. Pada 2017, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, Sp PD KHOM menyebutkan, kanker yang sudah memasuki stadium lanjut tidak dapat disembuhkan 100 persen melalui pengobatan yang dijalani.

Kemoterapi sebagai salah satu metode pengobatan kanker hanya merusak sel kanker dengan mengganggu, menghentikan, dan menghambat mekanisme pertumbuhannya. Namun, jika ada sel yang tertinggal, maka kemungkinan kanker akan kembali menyerang dalam beberapa tahun ke depan masih ada. Meski dinyatakan sembuh, penderita kanker harus rutin mengecek kondisi kesehatan mereka ke dokter minimal 6 bulan sekali.

Jika sel kanker sudah tidak ditemukan dalam jangka waktu 5 tahun, penderita kanker baru bisa dikatakan sembuh dan hanya memiliki kemungkinan 0,00000 sekian persen untuk kembali terserang. (Kompas.com)

Load More Related Articles
Load More In Seleb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Terima-kasih yang Telah Membully Banyak yang Meragukan Niatnya Maju Jadi Calon Presiden  Giring

Langkah Giring Ganesha maju sebagai calon Presiden RI di Pemilu 2024 menuai banyak respon,…