Home Travel Cara Pesan Tiket Kereta Api Lokal Pakai KAI Access

Cara Pesan Tiket Kereta Api Lokal Pakai KAI Access

3 min read
0
0
9

Pesan tiket kereta api lokal lewat aplikasi KAI Access kini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Traveler bisa pesan tiket kereta api lokal lewat aplikasi KAI Access dan tidak perlu lama mengantre lama. Untuk pesan tiket kereta api lokal secara online lewat aplikasi KAI Access, bisa dilakukan melalui smartphone.

Terhitung pada Minggu (1/8/2019) pembelian tiket kereta api hanya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access. Sementara itu, loket stasiun melayani penjualan tiket kereta api lokal secara Go Show mulai tiga jam sebelum keberangkatan kereta api. Simak lima cara pesan tiket kereta api lewat aplikasi KAI Access, berikut ini.

Untuk melakukan pemesanan, kamu perlu terlebih dahulu mengunduh aplikasi KAI Access yang sudah tersedia di Google Playstore di ponselmu. Setelah mengunduh aplikasi KAI Access, kamu perlu mendaftarkan diri dengan membuat akun di aplikasi tersebut. Pendaftaran akun bisa dilakukan dengan menggunakan email atau nomor telepon kamu yang masih aktif, kamu perlu menyiapkan e KTP sebagai bukti identitas yang diperlukan.

Setelah sukses mendaftar dengan email atau nomor telepon, langkah berikutnya memilih kereta. Pilih menu 'local train' untuk melakukan pemesanan Kereta Api Lokal, dan 'intercity lokal' untuk Kereta Api antar kota atau provinsi. Pastikan memilih tanggal keberangkatan dengan benar.

Setelah itu, kamu tinggal memilih waktu keberangkatan kereta yang tersedia di hari itu. Setelah memesan dan melakukan transaksi pembelian tiket KA, akan muncul nama dan nomor identitas akun pada halaman e tiket. Untuk metode pembayaran kereta api lokal bisa dilakukan melalui e wallet (dompet elektronik) LinkAja.

Untuk memudahkan pembayarankamu perlu menginstal aplikasi LinkAja di smartphone kamu. Sedangkan untuk metode pembayaran kereta api jarak jauh terdapat berbagai jenis pembayaran, mulai dari LinkAja, ATM, Mobile Banking, Internet Banking, Gerai Retail hingga Kartu Kredit. Kamu bisa memilih satu jenis metode pembayaran untuk menyelesaikan pembelian.

Bagi penumpang yang memesan tiket kereta api lewat KAI Access, kamu cukup menunjukkan e ticket atau bukti transaksi. Kartu boarding tersebut terdapat di menu 'My Trips'. Penumpang kereta api tidak perlu melakukan cetak tiket lagi.

Tunjukan bukti tersebut kepada petugas stasiun, petugas pun akan melakukan proses boarding dengan memindai atau men scan e ticket, serta validasi visual. Petugas akan mencocokkan e ticket dengan bukti kartu identitas asli calon penumpang.

Load More Related Articles
Load More In Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 Kota Ini Dinobatkan Sebagai Kota Paling Ramah Sepeda di Dunia

Sepeda sempat menjadi tren di Indonesia saat pembatasan perjalanan karena Covid 19. Kebias…