Home Otomotif Bisnis Mobil Bekas Cerah, Balai Lelang Auksi Operasikan Pool Baru di Jakarta Selatan

Bisnis Mobil Bekas Cerah, Balai Lelang Auksi Operasikan Pool Baru di Jakarta Selatan

7 min read
0
0
10

Bisnis lelang kendaraan bekas kini memiliki prospek cerah seiring terus meningkatnya kebutuhan masyarakat membeli kendaraan bekas selain melalui showroom atau membeli langsung ke penjualnya. Membaca peluang pasar tersebut, PT Balai Lelang Asta Nara Jaya (Auksi) memperluas jaringan bisnis lelangnya dengan mengoperasikan pool baru di kawasan Petukangan, Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2019). Ari W. Andrian, General Manager Balai Lelang Asta Nara Jaya (Auksi) mengatakan, tren pasar mobil bekas menunjukkan tren meningkat. Permintaan mobil bekas di Indonesia mengikuti tren permintaan mobil baru.

Pasarnya pun menurutnya juga cenderung stabil. "Rata rata per bulan bisa melelang 1.000 unit mobil. Menjelang Lebaran animo masyarakat mencari mobil stok mobil lelangan cukup tinggi. Mobil tipe MPV yang muat penumpang banyak yang paling banyak dicari," ujar Ari. Pool baru ini merupakan yang terbesar yang dimiliki Auksi dan berdiri di atas lahan seluas 8.000 m2 dan sanggup menampung 500 mobil. Mobil mobil bekas yang dilelang di Auksi umumnya adalah mobil eks kendaraan operasional kantor, serta eks kendaraan perusahaan rental. Selain jenis kendaraan penumpang, Auksi juga melelang kendaraan niaga seperti pick up, mobil boks blind van dan sebagainya.

Konsumen yang mengikuti lelang pun amat beragam. Selain pembeli individu, ada juga pembeli dari kalangan showroom mobil bekas yang sedang mencari stok baru maupun pembeli dari kalangan perusahaaan. "Kita tidak pernah pilih pilih mobil untuk dilelang, termasuk mobil China. Kondisi pajak mati tetap bisa kami lelang, termasuk kendaraan bekas tabrakan. Semuanya kami lelang dalam kondisi apa adanya. Surat surat kendaraan kami pastikan aman, tidak bermasalah secara hukum," ujarnya. Ari menyatakan, untuk konsumen yang mengikuti lelang mobil, harus menyetor deposit senilai Rp 5 juta untuk satu unit mobil yang akan dibeli lewat proses lelang dan Rp 1 juta untuk lelang motor.

Jika dalam proses lelang, konsumen gagal menang, uang deposit tersebut akan dikembalikan sepenuhnya. “Kami melihat pasar mobil bekas masih terus mengalami peningkatan dan trennya cenderung lebih stabil dibandingkan dengan penjualan mobil baru, marketnya pun juga besar. Ini membuat kami mantap menggarap bisnis lelang kendaraan bekas dan meresmikan pool baru dan terbesar di Jakarta Selatan ini,” ujar Ari W Andrian. Ari menjelaskan, pool baru Balai Lelang Auksi di kawasan Petukangan akan melayani kebutuhan masyarakat di Jakarta.

Pool baru Auksi ini berlokasi di Jalan Ciledug Raya No.58 Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, dan berada di kawasan strategis dengan akses yang mudah serta area yang luas sehingga bisa mengakomodir seluruh kegiatan dan transaksi lelang. Pihaknya memberi kesempatan kepada masyarakat untuk melihat dari dekat kondisi fisik kendaraan yang akan dilelang sebelum memutuskan membeli. Untuk kendaraan roda empat, pengecekan di tempat bisa dilakukan meliputi kondisi eksterior, interior, kaki kaki dan mesin.

Dengan demikian konsumen bisa mantap memutuskan jenis dan tipe kendaraan yang akan dibeli melalui mekanisme lelang berdasar nomor lot kendaraan saat lelang berlangsung. Proses lelang di Auksi berlangsung terbuka dengan sistem naik naik. Penawar tertinggi yang berhak dinyatakan menang sebagai pembeli mobil yang dilelang. Setelah dinyatakan menang, konsumen tinggal melakukan pelunasan atas kendaraan yang dibeli berdasarkan harga yang telah disepakati bersama juru lelang.

"Kegiatan lelang yang dijalankan Auksi selalu bersifat terbuka, bisa diikuti oleh individu maupun perusahaan dan bisa membeli unit kendaraan secara satuan. Kami juga menerima titip jual kendaraan dari individu dan perusahaan, dengan keunggulan transaksinya yang transparan. Penjual atau pemilik kendaraan bisa datang dan melihat langsung proses lelang yang berlangsung," jelas Ari. Mayoritas stock unit motor dan mobil yang dilelang di Auksi berasal dari kendaraan milik pribadi/perorangan dan perusahaan yang selama ini menjadi klien Auksi. "Sebelum dilelang, kami selalu lakukan beberapa pengecekan dan grading terhadap terhadap setiap kendaraan yang akan dilelang. Hal ini penting dilakukan karena kami harus selalu mengutamakan kepuasan pelanggan kami,” tambahnya.

Hingga kini Auksi telah berhasil menyelenggarakan 620 kali kegiatan lelang di Jakarta, Surabaya, Malang, Semarang, Balikpapan, Makassar, Medan, Palembang, dan Pekanbaru dengan total kendaraan yang berhasil dilelang sebanyak 42.536 unit. Bertepatan dengan acara peresmian pool baru di Petukangan, Auksi mengadakan lelang 130 unit kendaraan roda empat dari berbagai merk, tipe dan tahun pembuatan yang diikuti 100 lebih peserta lelang.

Load More Related Articles
Load More In Otomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Nissan Kicks e-POWER Diluncurkan di Indonesia Pada 2 September Catat

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akan meluncurkan mobil terbaru mereka, Nissan Kicks e POWE…