Home Bisnis BI Percepat Transmisi Penurunan Suku Bunga Kredit

BI Percepat Transmisi Penurunan Suku Bunga Kredit

1 min read
0
0
4

Bank Indonesia (BI) mengklaim telah mengupayakan percepatan transmisi penurunan suku bunga kredit setelah BI 7 Days Reverse Repo Rate turun jadi 4,5 persen. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, sejak akhir Juni 2019, rerata tertimbang suku bunga deposito turun 67 basis poin (bps) menjadi 6,16 persen pada Februari 2020. "Sementara, suku bunga kredit modal kerja turun 35 bps menjadi 10,07 persen pada posisi yang sama," ujarnya saat teleconference di Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Perry menjelaskan, transmisi ke suku bunga pasar uang dan deposito telah berjalan secara baik, tapi masih kurang terhadap suku bunga kredit. "Masih kurang, itulah koordinasi yang kami lakukan dengan pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Misalnya bagaimana penentuan suku bunga bagi para pemilik dana besar," katanya. Menurutnya, soal bunga kredit perbankan dipengaruhi oleh dua aspek yakni penawaran dan permintaan oleh dunia usaha maupun rumah tangga.

"Kami pastikan adalah penawaran dari perbankan agar bisa lebih tinggi. Menurunkan likuiditas, melonggarkan kebijakan makroprudensial, dan koordinasi dengan OJK untuk mengurangi berbagai kendala di perbankan," kata Perry Warjiyo.

Load More Related Articles
Load More In Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Serikat Pekerja Minta Influencer Cabut Kampanye RUU Cipta Kerja & Minta Maaf

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menolak keras kampanye para influencer di med…