Home Sains Berikut Fakta Unggas Satu Ini Bebek Dijadikan Google Doodle dalam Peringatan Hari Ibu

Berikut Fakta Unggas Satu Ini Bebek Dijadikan Google Doodle dalam Peringatan Hari Ibu

5 min read
0
0
4

Google Doodle hari ini ikut merayakanHari IbuNasional yang jatuh pada 22 Desember. Seekor induk bebek dengan enam anak anaknya yang berwarna warni. Google ikut merayakanHari Ibupada Minggu (22/12/2019) ini dengan menampilkan doodle yang menggemaskan.

Google Doodle hari ini memperlihatkan seekor induk bebek yang berwarna cokelat mengasuh enam anak anaknya. Tidak hanya berbentuk gambar, kali ini Google menampilkan dalam tiga buah animasi, sehingga pengunjung dapat melihat aksi menggemaskan induk bebek bersama anak anaknya. Animasi pertama Google Doodle memperlihatkan ke manapun sang induk bebek pergi, anaknya akan selalu mengikuti.

Lalu animasi kedua dalam pengawasan induk bebek, anak anaknya bebas bermain. Terakhir, terlihat induk bebek melindungi anak anaknya dari hujan. Tampaknya Google ingin mengingatkan para pengunjungnya jika hari ini adalah Hari Ibu.

Karena jika diklik animasi tersebut, maka akan langsung merujuk pada informasi Wikipedia mengenai Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember ini. Mungkin warganet bertanya kenapa Google memilih karakter hewan bebek untuk dijadikan Google Doodle? Faktanya bebek sendiri merupakan hewan yang memiliki sifat sosial tinggi.

Sifat ini yang menjadi alasan kenapa bebek biasanya hidup secara berkelompok. Dikutip dari laman , bebek merupakan bagian dari keluarga burung Anatidae . Ada sekitar 140 175 burung Anatidae .

Pembagian ini disesuaikan berbagai subspesies dan klasifikasinya, meskipun demikian tidak semua burung Anatidae termasuk bebek. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis bebek, seperti bebek Mojosari (Kabupaten Mojokerto), bebek Alabio, bebek Tegal, dan bebek Bali. Kebanyakan dari bebek di atas dibudidayakan untuk dijual sebagai bebek pedaging.

Mengatakan, bebek memiliki penyebaran yang sangat luas dan dapat ditemukan di hampir setiap wilayah di dunia ini, kecualiAntartika. Ada spesies bebek mendiami daerah subantartika diGeorgia SelatandanKepulauan Auckland. Beberapa jenis lain dapat ditemukan di daerah kepulauan samudra, seperti Hawaii,Selandia Baru, danKerguelen.

Termasuk di wilayah Asia, beberapa spesies bebek bisa ditemui. Dikutip dari , bulu luar bebek ini tahan air. Ini berkat minyak yang dikeluarkan dari kelenjar di dekat ekor.

Tak heran, kepala bebek terlihat menyentuh kelenjar tersebut, kemudian mengusapkannya ke seluruh tubuh. Di bawah lapisan bulu yang kedap air ini terdapat lapisan bulu yang hangat. Faktanya ada sebagian bebek tidak bisa terbang, dan sebagian yang lainmerupakan penerbang ulung.

Dalam artikelnya, mengatakan satu diantara spesies bebek yang bisa terbang bernama Mallard. Mereka terbang secara berkelompok. Seperti kebanyakan burung yang bermigrasi, Mallard terbang dalam formasi V yang terkenal.

Selama migrasi musim dingin, Mallard terbang ke selatan untuk mencari cuaca hangat, sering beristirahat di tempat yang sama tahun demi tahun. Mallard yang bermigrasi dapat menempuh jarak sangat jauh, mengandalkan sungai, pantai, dan lembah sebagai petunjuk jalan. Dikutip dari , pada dasarnya bebek memiliki ikatan sosial yang tinggi.

Ikatan ini dapat dilihat saat mereka melakukan migrasi atau saat musim berkembang biak. Selang beberapa jam saat anak anak bebek menetas, mereka sudah bisa berjalan dan berenang sendiri. Mereka akan tinggal di sarang selama kurang lebih satu bulan bersama induknya.

Di luar sarang, anak anak akan mendapat perlindungan ekstra dari induk mereka. Anak anak bebek ini akanmenempel dekat ibunya. Sering juga terlihat mengikuti di belakang induk mereka dalam barisan rapi.

Ketika bahaya mendekat, anak anak bebek akan berlindung di bawah sayap induknya. Ini membantu melindungi anak anak bebek dari ancaman pemangsa. Berikut tadi fakta fakta dari hewan bebek.

(*)

Load More Related Articles
Load More In Sains

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Berpotensi Berdampak Buruk pada Bumi Bintik Matahari Seukuran Mars Mengarah menuju Bumi

Sebuah bintik matahari raksasa telah diidentifikasi di permukaan matahari. Pengamatan menu…