Home Lifestyle Beda Perlakuan Pada Daging Kambing Agar Bau Prengus Lenyap hendak Bikin Sate atau Sop Saat Idul Adha

Beda Perlakuan Pada Daging Kambing Agar Bau Prengus Lenyap hendak Bikin Sate atau Sop Saat Idul Adha

4 min read
0
0
3

Daging kambing mau diolah jadi apa pun entah sate atau sop akan sangat lezat, asal tahu cara memperlakukannya sebelum mengolah. Bau prengus pun hilang. Nah, dengan tips ini, bau pada daging kambing tidak bakal jadi penghalang lagi saat kita ingin mengolahnya. Aroma kambing atau yang biasa disebut prengus ini jadi penyebab utama kambing tidak selalu disukai orang.

Banyak yang anti atau bahkan trauma memakan kambing karena prengusnya yang aduhai. Padahal, kalau tahu cara mengolah yang benar, bau prengus bisa tertutupi atau bahkan hilang sama sekali, lo. Tapi, tentu tidak bisa sembarangan.

Harus ada teknik dan panduan yang tepat sehingga hidangan kambing buatan kita bebas bau prengus. Agar tidak penasaran dengan teknik menghilangkan bau prengus pada daging kambing, mari simak tips sederhana ini. Faktanya, mencuci daging kambing malah akan membuat bau prengusnya makin kuat.

Itu karena air cucian akan mengeluarkan juice beserta juga bau prengus yang ada dalam daging. Jadinya, selain makin berbau, daging kambing juga akan jadi kering karena juice nya telah terbuang bersama air. Tenang saja, daging kambing masih akan kita matangkan sehingga kumannya pun akan mati karena panas tinggi.

Jadi, tidak perlu takut kotor karena tidak mencuci daging kambing, ya. Toh, pedagang sate atau sop kambing pun melakukan teknik yang sama. Kalau mau mengolah kambing jadi sup, pastikan untuk merebusnya dua kali.

Pertama, rebus kambing dalam air mendidih bersama aneka rempah seperti daun pandan, salam, daun jeruk, serai, sampai lengkuas untuk menutupi aroma prengusnya. Setelah buih keabu abuan terlihat di permukaan air rebusan, segera matikan api, tiriskan daging kambing dan buang air rebusannya. Bau prengus dan kotoran kambing pun sudah ikut terbuang bersama air rebusan pertama ini. Jangan takut kaldu kambing ikut terbuang.

Selama direbus dengan air mendidih, kaldu daging masih akan terkunci di dalam dagingnya. Jadi, jangan sampai salah menggunakan air ya. Rebus kembali untuk kedua kalinya dalam air dingin.

Air dingin punya efek mengeluarkan juice dalam daging sehingga sup dijamin makin gurih dan berkaldu. Kita pun mulai bisa menambahkan aneka rempah untuk sup sampai juga aneka bumbu. Rempah bisa jadi jalan keluar kambing yang berbau prengus.

Jadi, kalau suka sate kambing yang polos, cukup kucuri dengan air jeruk nipis beberapa saat sampai menyerap. Air jeruk nipis bisa memberi aroma segar yang menutupi bau prengus. Kalau mau lebih aman lagi, marinasi dulu daging sate dengan aneka bumbu.

Misalnya saja, ketumbar, gula merah, lada, bawang putih dan masih banyak lagi. Selain menambah rasa, tentu rempah ini akan menghasilkan sate beraroma sedap. Sekarang kita sudah punya banyak amunisi untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing kan?

Jadinya, tidak perlu lagi takut mengolah kambing jadi masakan apapun karena kita sudah memang kunci sukses menghilangkan bau prengusnya. Cocok banget kita tiru untuk mengolah daging kambing hasil Qurban nanti.

Load More Related Articles
Load More In Lifestyle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ini Deretan Permainan yang Bisa Menunjang Tumbuh Kembang Si Kecil & Kecerdasannya

Deretan permainan ini bisa membantu Si Kecil belajar dan baik untuk perkembangan mereka. M…