Home Nasional Anies Emoh Komentar Sempat Wacanakan Hapus UN tapi Nadiem yang Eksekusi

Anies Emoh Komentar Sempat Wacanakan Hapus UN tapi Nadiem yang Eksekusi

2 min read
0
0
5

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan komentari keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang hapus ujian nasional (UN) pada 2021. Menurutnya tidak etis jika dirinya yang pernah berada di posisi serupa, ikut ikutan beropini. "Saya menghormati Menteri Pendidikan (Nadiem), dan sebagai mantan Menteri Pendidikan, saya tidak ikut mengomentari. Kan etikanya begitu," kata Anies di Pura Segara Kemayu, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (11/12/2019).

Disinggungsoal bagaimana kesiapan Jakarta menyambut terobosan Nadiem, Mendikbud periode 2014 2016 ini tetap bergeming. "Begini. Saya tidak komentar soal kebijakan menteri, karena saya ingin menghargai etikanya ya begitu," tegas dia. Wacana penghapusan UN sempat dilontarkan Anies Baswedan saat masih menjabat Mendikbud di tahun 2015.

Tapi wacana tersebut tak kunjung terealisasi hingga Anies direshuffle oleh Presiden Joko Widodo pada 2016 silam. Kini, wacana serupa kembali muncul ke permukaan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim membeberkan hal itu dalam Rapat Koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019). "Pada tahun 2021, UN itu akan diganti menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter," katanya.

Artinya, UN tahun 2020 jadi yang terakhir. Sedangkan pada 2021 ujian kelulusan siswa akan diganti denfan asesmen kompetensi minimum dan survei karakter. Perubahan program UN ini termasuk dalam empat program pokok kebijakan pendidikan "Merdeka Belajar". Program tersebut meliputi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

Load More Related Articles
Load More In Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

78 Juta dari Global Climate Fund Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca Indonesia Terima RBP USD 103

Masih dalam suasana bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Indonesia mendapatkan pengakuan …