Home Nasional Andi Amran Sulaiman Satu-satunya Tokoh Alternatif dari Indonesia Timur Survei KedaiKOPI

Andi Amran Sulaiman Satu-satunya Tokoh Alternatif dari Indonesia Timur Survei KedaiKOPI

7 min read
0
0
1

Kelompok Diskusi Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) mulai memanaskan eskalasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Beberapa tokoh dinilai KedaiKOPI sudah terekam dalam memori publik Indonesia sebagai calon yang berpotensi bersaing dalam Pilpres 2024. Dari tokoh Kawasan Timur Indonesia (KTI), KedaiKOPI menyebut Menteri Pertanian RI 2014 2019 Andi Sudirman Sulaiman.

NamaAndiAmranSulaimanmasuk dalam survei tokoh nasional yang berpotensi kuat dalam kontestasi politik Indonesia ke depan. Menteri Pertanian era Kabinet Kerja Pertama ini bahkan merupakan satu satunya tokoh politik asal Indonesia Timur, tokoh KTI, yang masuk dalam daftar survei tersebut. SelainAndiAmranSulaiman, KedaiKOPI juga merekam potensi Menteri Kelautan dan Perikanan 2014 2019SusiPudjiastutidan Gubernur DKI JakartaAniesBaswedan.

Dalam survei ini, tokoh KTIAndiAmranSulaimancukup menonjol dalam kategori sosok yang jujur, bersih, tegas, anti mafia serta memiliki kinerja yang baik di mata publik. Hasil akhir survei Kedai kopi Mei Juni 2020, terkait tingkat kesukaan publik: 1.SusiPudjiastuti(24,6%) 2.AniesBaswedan(20,1%) 3.RidwanKamil(15,4%) 4. Tri Rismaharini (14,7%) 5. Sri Mulyani (10,1%) 6.AndiAmranSulaiman(8,7%) 7.KhofifahIndarParawansa(4,1%) 8. Rizal Ramli (2,3%)

Diketahui Survei Tokoh Alternatif Nasional ini menempatkan tokoh tokoh politisi nasional yang memiliki persepsi baik di hadapan publik Indonesia serta mempunyai potensi untuk berkontestasi dalam pertarungan politik Indonesia ke depan. Survei yang diselenggarakan KedaiKOPI menemukan faktor yang disukai masyarakat pada sosok Susi Pudjiastusti,AniesBaswedan,RidwanKamil, Tri Risma, Sri Mulyani,AndiAmranSulaiman, Khofifah Indar Parawwnsa, dan Rizal Ramli. Direktur LembagaSurveiKedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo, mengatakan, nama nama tersebut mula mula didapatkan melalui Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dengan perwakilan dari setiap provinsi secara daring sebelum survei dilakukan untuk menyaring nama sekaligus menajamkan isu yang akan ditanyakan pada responden.

Survei yang digelar secara nasional (34 provinsi) pada tanggal 27 April 8 Mei, 2 4 Juni 2020 dengan melibatkan 1200 responden dengan metode _online survey_ ini secara umum menggambarkan tingkat kesukaan publik terhadap para tokoh alternatif Indonesia. Kunto mengatakan, hal yang menarik dari hasil survei tokoh ini adalah tingginya tingkat kesukaan terhadapSusiPudjiastutiyang merupakan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan pada periode pemerintahan Jokowi sebelumnya. Susi Pudjiastuti dipersepsikan publik sebagai sosok yang berani (21,3%), walaupun dirinya memiliki kekurangan karena pendidikannya yang tidak formal (2,9%).

“Selain itu juga muncul namaAndiAmranSulaimanyang merupakan Mantan Menteri Pertanian sebagai satu satunya tokoh yang berasal dari Indonesia Timur dan menjadi tokoh yang mewakili Indonesia Timur. Andi dipersepsikan publik memiliki kinerja baik (4,6%), walaupun dirinya kurang dikenal (2,4%)," jelas Kunto melalui rilisnya, Kamis (18/6/2020). Peneliti Senior LembagaSurveiKedaiKOPI, Justito Adiprasetio, menjelaskan,AniesBaswedanadalah kepala daerah yang mendapatkan tingkat kesukaan tertinggi, mengungguli RIdwan Kamil, Tri Rismaharini, danKhofifahIndarParawansa. Secara keseluruhan bahkanAniesBaswedanmenempati peringkat kedua, di bawahSusiPudjiastuti.

Anies Baswedan dianggap berprestasi karena menurut responden telah Memimpin dengan baik (6,5%), walaupun sebagian dari publik menganggap dirinya kurang tegas (7,5%), hal yang menjadi kekurangan dirinya. Berdasarkan survei tersebut didapatkan, sosok yang dipersepsikan bersih oleh publik berturut turut,SusiPudjiastuti(65,3%),RidwanKamil(58,6%), Tri Rismaharini (54,9%), Sri Mulyani (52,3%),AniesBaswedan(49,9%), Khofifah Indar parawansa (48,3%),AndiAmranSulaiman(44,8%), dan Rizal Ramli (37,8%). Sosok yang dipersepsikan memerangi korupsi berturut turut,SusiPudjiastuti(63,8%),RidwanKamil(56,0%), Tri Rismaharini (53,8%), Sri Mulyani (51,2%),KhofifahIndarParawansa(46,3%),AniesBaswedan(45,9%), Andri Amran Sulaiman (43,6%), dan Rizal Ramli (37,1%).

Sosok yang dipersepsikan berani dalam bertindak berturut turut,SusiPudjiastuti(67,8%), Tri Rismaharini (56,7%),RidwanKamil(54,7%), Sri Mulyani (53,4%),AniesBaswedan(48,6%), Andri Amran Sulaiman (46,9%),KhofifahIndarParawansa(46,7%), dan Rizal Ramli (41,2%). Sedangkan sosok yang dipersepsikan memiliki kinerja baik berturut turut,SusiPudjiastuti(66,3%),RidwanKamil(61%), Tri Rismaharini (56,5%), Sri Mulyani (53,3%),KhofifahIndarParawansa(49,2%),AniesBaswedan(46,8%), Andri Amran Sulaiman (44,5%), dan Rizal Ramli (36,3%). Justito menjelaskan, hasil survei juga menunjukkan bila mereka yang berada pada SES D, E1, dan E2 lebih menyukai sosok Rizal Ramli,AndiAmranSulaiman, danKhofifahIndarParawansa. Hal ini menunjukkan sosok ini lebih dikenal oleh masyarakat kelas bawah.

Bila dibandingkan dengan Tri Rismaharini dan Sri Mulyani yang sosoknya lebih banyak disukai oleh SES AB dan C1. "Berdasarkan kriteria usia kita dapat melihat para Pemilih Pemula (17 21 Tahun) dan Pemilih Usia Muda (22 36 Tahun) cenderung memilih sosok perempuan. Sri Mulyani (14,9% Pemilih Pemula + 55,4% Pemilih Usia Muda),SusiPudjiastuti(10,8 Pemilih Pemula + 57,1% Pemilih Usia Muda), danKhofifahIndarParawansa(24,5% Pemilih Pemula + 42,9% Pemilih Usia Muda) lebih banyak dipilih oleh para pemilih pemula dan usia muda, bila dibandingkan dengan politisi laki laki," jelas Justito. "Survei ini menunjukkan bila mereka yang berada di luar pemerintahan sepertiSusiPudjiastuti(24,6%) danAndiAmranSulaiman(8,7%), maupun mereka yang menjadi Kepala Daerah sepertiAniesBaswedan(20,1%) danRidwanKamil(15,4%) memiliki kans untuk dapat terus disukai dan meningkatkan popularitas mereka di hadapan publik," kata Justito menambahkan.(*)

Load More Related Articles
Load More In Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

78 Juta dari Global Climate Fund Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca Indonesia Terima RBP USD 103

Masih dalam suasana bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, Indonesia mendapatkan pengakuan …