Home Travel 7 Makanan Khas Banten yang Menggoda Selera, Cobain Sambal Buroq hingga Sate Bebek

7 Makanan Khas Banten yang Menggoda Selera, Cobain Sambal Buroq hingga Sate Bebek

5 min read
0
0
7

Banten atau dahulu dikenal dengan nama Bantam merupakan kota dengan mayoritas penduduk beragama Islam yang dikenal akan nilai toleransinya yang tinggi terhadap pemeluk agama lain. Provinsi yang sempat menjadi kota pelabuhan ini juga menyimpan cukup banyak potensi dan ciri khas. Di Banten ada banyak hal yang bisa kamu temui, mulai dari kekayaan suku, budaya, pariwisata, hingga kulinernya.

Makanan khas Banten pertama yang bisa kamu coba adalah sate bebek H. Syafei. Sate dengan tekstur daging yang empuk dan juga siraman saus kacang ini bisa jadi rekomendasi makanan khas Banten yang wajib kamu coba. Terlebih dengan kentalnya kecap kedelai hitam pilihan menambah citarasa dari sate bebek ini.

Untuk harga per 10 tusuknya, dibanderol dengan harga mulai dari Rp 15 ribu saja. Angeun Lada merupakan masakan berkuah santan yang menjadi Warisan Budaya Tak Benda pda tahun 2016 oleh Kemendikbud RI ini memiliki citarasa gurih dan pedas yang biasanya disajikan saat perayaan hari besar. Kuah santan merah dengan isian babat sapi dan sayuran ini menjadi bahan pelengkap dari bahan utama berupa daun walang.

Daun Walang memiliki aroma yang cukup menyengat sehingga membuat makanan ini menjadi khas. Salah satu rumah makan yang bisa kamu kunjungi untuk mencicipi menu ini adalah Cep Udin Angeun Lada. Nasi sum sum adalah kuliner khas Banten yang sudah ada sejak lama.

Salah satu restoran yang menyajikan menu nasi sum sum ialah rumah makan Mang Puri yang berdiri sejak 1941. Sajian sum sum disajikan dengan menggunakan sum sum kerbau. Ini dikarenakan bagian tulang kerbau lebih padat dan jika dimasak tidak mudah menyusut.

Jadi kenikmatannya saat sedang dimasak tidak akan hilang dan menguap begitu saja. Sayur Besan menjadi kuliner khas Betawi untuk perhelatan besar yang mempersatukan sepasang calon suami dan istri. Kamu bisa menemukan sayur besan dalam acara pernikahan adat Banten.

Dimana dalam semangkuk sayur besan ini ada daging sapi, kentang, bihun, petai, ebi rebus, dan wortel. Rabeg adalah makanan khas Banten yang mengolah daging dan jeroan kambing ini memiliki rasa kuah yang manis dan gurih. Dimasak dengan racikan bumbu rempah yang melimpah, memang enak disantap dengan nasi putih hangat.

Walau kuahnya mirip dengan semur, kuah kentalnya bikin nendang di lidah. Ditambah lagi dengan taburan bawang goreng yang melimpah. Salah satu rumah makan yang bisa kamu kunjungi adalah Rabeg Khas Serang H.Haswi.

Gerem Asem merupakan menu masakan sehari hari bisa kamu coba buat karena resep mudah. Terlebih kamu bisa memilih sendiri daging apa yang akan kamu gunakan. Tenang, hal itu tidak akan mengubah cita rasa khasnya.

Hanya bermodalkan santan kental, cabai, blimbing wuluh, dan bumbu halus, skamu sudah bisa membuat kuliner khas Banten ini. Banten juga punya sajian sambal khas yang tingkat kepedasannya tidak kalah dari sambal pedas daerah lain. Bahkan cara memasaknya yang cukup mudah, bisa kamu coba di rumah.

Sambal buroq terbuat dari kulit melinjo dengan bumbu bawang putih, kemiri, daun salam. Biasanya sambal buroq disajikan sebagai pelengkap nasi putih atau nasi sum sum.

Load More Related Articles
Load More In Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

5 Kota Ini Dinobatkan Sebagai Kota Paling Ramah Sepeda di Dunia

Sepeda sempat menjadi tren di Indonesia saat pembatasan perjalanan karena Covid 19. Kebias…