Home Kesehatan 7 Hal Kamu Anggap ‘Aneh’ Saat Menstruasi Ini Ternyata Sesuatu yang Lumrah

7 Hal Kamu Anggap ‘Aneh’ Saat Menstruasi Ini Ternyata Sesuatu yang Lumrah

4 min read
0
0
5

Menstruasi adalah hal yang tak bisa dihindari oleh setiap wanita. Setiap bulannya, seorang perempuan menghadapi menstruasi. Lamanya menstruasi biasanya berlangsung selama 2 hingga 7 hari seperti dilansir dari alodokter.com.

Pada saat menstruasi, banyak hal aneh terjadi di dalam tubuh. Perubahan fisik dan mental selalu mengiringi setiap menstruasi datang. Hal ini karena perubahan hormon di dalam tubuh kita.

Namun, terkadang perubahan ini membuat takut beberapa wanita. Seseorang yang sedang mens biasanya lebih mudah sakit hingga sering migrain. Sebenarnya hal tersebut nggak perlu dikhawatirkan, selama nggak berlebihan.

Soalnya hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Melansir cewekbanget.ID, berikut 7 hal aneh tapi wajar yang terjadi saat menstruasi: Kamu pernah merasa ingin banget makan daging saat menstruasi?

Bisa aja kamu berpikir hal ini nggak mungkin. Tapi ngidam daging ini sebenarnya alarm tubuh supaya kita lebih banyak makan makanan mengandung zat besi. Sebelum mens biasanya memang mendadak jadi sulit tidur.

Hal ini karena hormon progesteron kita yang sedang rendah. Rendahnya hormon progesteron membuat kita lebih gampang terjaga & membuat sulitan tidur. Pernah kesal karena jadi ceroboh atau pelupa banget saat mens?

Kamu nggak sendirian kok girls. Hal ini merupakan pengaruh dari hormon estrogen di tubuh yang sedang nggak stabil. Seseorang cenderung pelupa karena hormon estrogen rendah menyebabkan otak kesulitan berpikir dan menyimpan memori.

Jika hormon estrogen rendah tinggi membuat tubuh jadi sulit seimbang. Soalnya tingkat estrogen kita dalam tahap tinggi, organ hati akan mulai memproduksi hormon yang memengaruhi ginjal yang bakal buat tubuh jadi kembung. Jadi deh, kamu limbung dan kesulitan menyeimbangkan diri.

Ternyata selama menstruasi, seorang perempuan mengalami perubahan suara. Suara perempuan menjadi lebih berat dari biasanya. Hal ini karena hormon estrogen yang rendah, menjadikan suara kita juga beberapa oktaf lebih rendah daripada biasanya.

Tapi jarang banget orang menyadari kalau suaramu berubah kok. Selama mens, kamu merasakan sakit di sekujur tubuhmu nggak hanya perut? Yup, mens membuat tubuhmu menjadi lebih sensitif.

Penyebabnya lagi lagi adalah level hormon estrogen yang rendah. Selain menjadi sensitif, perempuan yang sedang mens cenderung mudah migrain dan pusing. Biasanya hal ini terjadi sebelum masa menstruasi berakhir.

Jadi kamu nggak perlu merasa aneh kalau mendadak pusing atau migrain. Buat kamu yang diet, ini menjadi kabar menyenangkan. Soalnya tubuh membakar kalori lebih banyak selama mens.

Hal ini disebabkan hormon estrogen dan progesteron sama sama rendah yang menyebabkan kita sulit lelah. Yuk manfaatkan momen ini untuk berolahraga untuk mendapatkan berat badan ideal.

Load More Related Articles
Load More In Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ada Serangga 12 Makanan & Minuman yang Jarang Diketahui Padahal Berkhasiat Tinggi bagi Tubuh

Pakar kesehatan sering merekomendasikan makanan seperti sayuran hijau sebagai pensuplai nu…