Home Sains 6 Ton Ini 5 Fakta Hiu Paus Beratnya Bisa Capai 20 Viral Video Hiu Paus Minta Tolong menuju Nelayan

6 Ton Ini 5 Fakta Hiu Paus Beratnya Bisa Capai 20 Viral Video Hiu Paus Minta Tolong menuju Nelayan

6 min read
0
0
4

Viral di jagat dunia maya, video Hiu Paus Tutul berukuran besar tiba tiba mendekati perahu nelayan. Nelayan yang sedang memancing ikan sontak kaget. Hiu Paus Tutul itu terus mendekat dan mengikuti laju perahu.

Dari rekaman yang beredar, terlihat tali yang melilit tubuh Hiu Paus Tutul. Mamalia itu seakan minta tolong ke nelayan agar mau melepaskan tali itu. Untuk mengenal lebih dengat dengan ikan yang memiliki nama ilmiah Rhincodon typus ini, berikut 5 fakta menariknya.

Baca: Dirangkum dari nationalgeographic.com , hiu Paus merupakan ikan berjenis hiu yang memiliki ukuran tubuh terbesar daripada spesies hiu lainnya. Hiu Paus ini mampu tumbuh hingga mencapai ukuran 40 kaki dengan berat 20,6 ton.

Hiu yang memiliki corak khas dengan titik titik putih ditubuhnya ini diperkirakan mampu hidup hingga 70 tahun. Kepala hiu paus itu rata dengan moncong tumpul di atas mulutnya dengan alat cukur pendek yang menonjol dari lubang hidungnya. Bagian belakang dan sampingnya berwarna abu abu sampai coklat dengan bintik bintik putih di antara garis garis vertikal dan horizontal pucat, dan perutnya berwarna putih.

Dua sirip punggungnya diatur ke belakang pada tubuhnya, yang berakhir pada sirip ekor ganda (atau ekor). Baca: Percayakah kalian hiu paus bisa tumbuh besar hanya dengan memakan hewan hewan kecil?

Faktanya meskipun berjenis karnivora, hiu pas mengkonsumsi phytoplankton dan hewan hewan kecil di lautan. Berbeda dengan jenis jenis hiu lainnya yang bertahan hidup dengan memakan hewan buruan seperti ajing laut atau bahkan penyu laut. Satu hal yang menarik dari hiu paus adalah cara mereka saat berburu makanan.

Mereka akan membuka mulut lebar lebar, supaya phytoplankton berukuran kecil bisa masuk ke rahangnya. Sedangkan air laut akan keluar dari sela sela insang mereka. Cara makan ini oleh ilmuan disebut dengan istilah feeding filter .

Lebih suka perairan hangat, hiu paus menghuni semua laut tropis. Mereka diketahui bermigrasi setiap musim semi ke landas kontinen di pantai barat tengah Australia. Hiu paus juga berkembang biak diNingaloo Reef.

Di daerah itu memberi hiu paus banyak pasokan phytoplankton yang melimpah. Meskipun besar, hiu paus adalah ikan yang jinak dan kadang kadang memungkinkan perenang untuk menumpang dan berenang besama mereka. Mereka saat ini terdaftar sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan

Hiu paus terus diburu di beberapa bagian Asia, seperti di negara Filipina. Sebelumnya, viral di media sosial yang memperlihatkan ikan hiu paus berukuran besar tiba tiba mendekati perahu nelayan. Hiu Paus ini terus mendekat dan mengikuti laju perahu.

Dari rekaman yang beredar, terlihat tali yang melilit tubuhnya Mamalia itu seakan minta tolong ke nelayan agar mau melepaskan tali itu. Nelayan lalu mempersiapkan alat agar bisa memotong tali yang melilit.

Baca: Mereka sangat hati hati lantaranHiuPausTutulbisa saja menerjang perahu mereka. Mamalia tersebut terlihat cukup tenang.

Nelayan menarik tali dengan batang besi, lalu memotongnya dengan pisau. Ketika tali dilepas,HiuPausTutullangsung pergi. Ia menghempaskan ekornya sebagai tanda terima kasih ke para nelayan.

Video ini diunggah banyak akun media sosial, satu di antaranya oleh akun instagram @makassar_iinfo . Berikut keterangannya; Dalam video yang berdurasi 1 menit 53 detik itu, terlihat seekor ikan Paus berenang menghampiri sebuah bot nelayan seakan akan meminta pertolongan mereka.

Nelayan mendapati ikan paus dalam keadaan terlilit tali, lalu nelayan tersebut meminta bantuan kepada rekan rekannya untuk melepaskan tali tersebut. Paus tersebut terlihat seolah olah mempercayai nelayan nelayan itu dan membiarkan mereka menyelamatkan dirinya. Baca:

Kemudian, salah seorang nelayan yang ada di situ memotong tali tersebut dengan pisau. Setelah berhasil membebaskan diri, paus tersebut memercikkan air menggunakan ekornya ke arah nelayan tersebut sebagai tanda terima kasih atas pertolongannya… Kejadian ini terjadi di perairan Serawak Malaysia. 2/12/2019.

Video : Haslina Bujang (*)

Load More Related Articles
Load More In Sains

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Berpotensi Berdampak Buruk pada Bumi Bintik Matahari Seukuran Mars Mengarah menuju Bumi

Sebuah bintik matahari raksasa telah diidentifikasi di permukaan matahari. Pengamatan menu…