Home Lifestyle 4 Cara Mudah Terapkan Gaya Hidup Sehat Buat yang Gak Punya Waktu

4 Cara Mudah Terapkan Gaya Hidup Sehat Buat yang Gak Punya Waktu

7 min read
0
0
5

Di usia produktif, banyak masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk bekerja dan berkarya demi membangun masa depan setiap individu yang lebih baik. Bahkan, karena kesibukan yang dijalani, tak sedikit masyarakat usia produktif kesulitan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Meskipun memiliki kesibukan yang cukup padat, masyarakat usia produktif sangat perlu menjaga kesehatan. Melalui gaya hidup sehat bisa dikatakan sebagai investasi kesehatan yang sangat berharga ketika di usia tua. Nah, untuk melakukan investasi tersebut, berikut empat cara mudah hidup sehat di saat sibuk:

Air putih sangat penting untuk dikonsumsi oleh setiap orang. Mengingat 60 70% tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan, dengan mengkonsumsi air putih, setiap manusia akan terhidar dari dehindrasi. Namun yang menjadi kendala, ketika berada di kantor yang berpendingin udara, tak sedikit masyarakat yang enggan untuk mengkonsumsi air putih. Salah satu alasan yang sering muncul ketika masyarakat enggan mengkonsumsi air putih adalah takut beser. Rasanya kurang tepat jika hal tersebut dijadikan alasan enggan mengkonsumsi air putih. Menurut Departemen Kesehatan (Depkes) Republik Indonesia, setiap manusia harus minum air putih 8 gelas sehari. Bukan tanpa sebab, anjuran tersebut memiliki banyak manfaat, seperti dapat memelihara fungsi ginjal, sebagai perawatan kulit, mengontrol kalori, memperlancar pencernaan, mengurangi risiko kanker.

Depkes juga mengatakan, jika terserang beser, jangan sampai menahan untuk buang air kecil. Pasalnya jika menahan buang air kecil dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Ternyata jika kita telat mengkonsumsi makanan, dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh. Dilansir dari Kompas.com, telat makan dapat memicu penyakit lambung dan sistem pencernaan. Hal tersebut didasari karena tubuh telat mendapatkan nutrisi ke seluruh organ dan sel dalam tubuh. Tidak hanya itu, dengan makan teratur, konsentrasi kita akan lebih terjaga. Salah satu alasan yang membuat seseorang seringkali telat makan, yaitu karena mengejar deadline pekerjaan ataupun kesibukan lain yang menyebabkan seseorang tersebut merasa tidak mempunyai cukup waktu untuk membeli makan.

Untuk mengatasi hal tersebut dan mendukung gaya hidup sehat, Gojek melalui layanan GoFood, memperkenalkan GoFood Turbo sebagai solusi bagi kalian yang sering dikejar waktu untuk beli makan ataupun, kendala kendala lainnya. Tak hanya itu, melalui fitur tersebut, Anda juga dapat lebih memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya karena tidak perlu repot lagi untuk membeli makanan ketika sedang dikejar deadline . Sebagai layanan pesan antar makanan, GoFood telah menggandeng lebih dari 350.000 mitra merchants di Indonesia. Tak hanya menggandeng ratusan ribu mitra UMKM Kuliner, GoFood juga meningkatkan pelayanannya dengan menghadirkan layanan GoFood Turbo dimana makanan yang pelanggan pesan dijamin akan sampai dalam waktu maksimal 30 menit. Melalui GoFood Turbo, jika pesanan sampai lewat dari 30 menit, pelanggan akan mendapatkan voucher yang dapat digunakan di pesanan selanjutnya. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk telat makan karena kini pelanggan bisa mengandalkan GoFood dengan fitur GoFood Turbo. Caranya mudah, pelanggan cukup membukan aplikasi Gojek dan memilih layanan GoFood. Setelah itu, pada halaman GoFood bagian bawah, pelanggan dapat menemukan banner berjudul “GoFood Turbo” dengan berbagai pilihan makanan. Sampai saat ini layanan dapat dinikmati oleh pengguna di daerah Jakarta, khususnya daerah Blok M, Tebet, Cilandak dan akan hadir di banyak lokasi lainnya dalam waktu dekat untuk seluruh pelanggan di Indonesia.

Banyak masyarakat usia produktif, mengeluhkan karena berbagai aktivitas, mereka tidak sempat untuk berolahraga. Namun yang perlu mendapat perhatian, ternyata agar tubuh menjadi lebih bugar, olahraga tidak mesti membutuhkan waktu yang lama. Dilansir dari Kompas.com, untuk menjaga badan agar tetap sehat, setiap individu hanya perlu melakukan minimal 30 menit sehari untuk berolahraga. Bahkan untuk mencapai kondisi yang paling sehat, ternyata setiap orang hanya perlu berolahraga dengan total waktu 150 menit/minggu. Nah, untuk yang ini tidak kalah penting dari yang lain. Pasalnya dengan istirahat yang cukup, badan kalian akan terasa bugar untuk melakukan berbagai aktivitas. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kurang tidur dapat menyebabkan memperburuk kondisi kesehatan tubuh, stress yang meningkat, sering lupa, kulit terlihat tua, munculnya obesitas, hilang fokus saat berkendara, dan tidak konsentrasi.

Menariknya setiap umur memiliki jumlah waktu ideal untuk beristirahat. Untuk usia 1 tahun sampai 12 tahun waktu ideal berisitirahat adalah 10 jam – 12 jam/hari. Usia 12 tahun sampai 18 tahun membutuhkan waktu istirahat 8,5 jam/hari. Usia 18 tahun sampai 40 tahun membutuhkan waktu istirahat 7 8 jam/hari. Serta untuk usia 40 60 ke atas membutuhkan waktu isitrahat 6 7 jam/hari. Mudahkan? Yuk mulai dari sekarang kita terapkan gaya hidup sehat!

Load More Related Articles
Load More In Lifestyle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ini Deretan Permainan yang Bisa Menunjang Tumbuh Kembang Si Kecil & Kecerdasannya

Deretan permainan ini bisa membantu Si Kecil belajar dan baik untuk perkembangan mereka. M…