Home Corona 104 Wilayah per 5 Juli Berada di Zona Hijau Gugus Tugas Mutakhirkan Zonasi Covid-19

104 Wilayah per 5 Juli Berada di Zona Hijau Gugus Tugas Mutakhirkan Zonasi Covid-19

2 min read
0
0
3

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 memutakhirkan data wilayah di Indonesia yang terdampak virus corona. Seperti diketahui, data ini merupakan data kumulatif yang diperbarui setiap minggunya. Per 5 Juli, Gugas mencatat sebanyak 20,2 persen atau 104 kabupaten/kota tidak terdampak Covid 19 atau berada di zona hijau. "Ada 61 yang tidak terdampak dan 43 yang masuk ke zona hijau di mana tak ada kasus baru," ujar Tim Pakar Gugasnas Covid 19, dr. Dewi Nur Aisyah dalam siaran BNPB, Selasa (7/7/2020).

Dewi mengatakan ada pergerakan 10 kabupaten dan kota dari risiko rendah atau zona kuning yang masuk zona hijau. Kemudian, ada satu kabupaten dan kota dari risiko sedang atau zona oranye beralih ke zona hijau atau tidak terdampak. Kemudian, untuk zona kuning atau risiko rendah persentasenya yakni 34,1 persen, risiko sedang atau zona oranye sejumlah 35 persen, dan risiko tinggi atau zona merah sebesar 10,7 persen. "Ada 175 kabupaten kota dengan risiko rendah, 180 kabupaten kota dengan risiko rendah, dan 55 kabupaten dan kota dengan risiko tinggi," kata Dewi menjelaskan soal persentase ketiga zona tersebut.

Dewi kembali menegaskan bahwa Covid 19 adalah sebuah penyakit yang bersifat sangat dinamis. "Kita dapat melihat pergerakan yang begitu cepat kasus positif berubah menjadi sembuh, kemudian orang yang sebelumnya PDP ODP terkonfirmasi positif. Sebuah daerah dengan cepat terjadi perubahan, dari zona risiko tinggi turun menjadi sedang, atau rendah naik menjadi sedang, dan lain sebagainya," pungkasnya.

Load More Related Articles
Load More In Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pemerintah Diminta Petakan Potensi Kendala Laboratorium Tes Swab di Seluruh Indonesia

Praktisi Lab Molekular Diagnostik DKI Jakarta Ungke Antonjaya mengusulkan agar pemerintah …